One Step Forward

br_onlymemories_aggeler_080707

Seorang sahabat mengingatkan saya akan sesuatu yang pastinya menjadi bayangan yang akan selalu mengikuti kemana langkah kita pergi. Masa lalu dan kenangan. ya, dua hal tesebut merupakan anak tangga untuk menjadi diri kita sekarang. lebih baik kah? atau lebih buruk? kita sendiri yang memilih, kita yang menentukannya.

Dulu, saya ingin sekali menjadi orang yang dewasa, walaupun toh imajinasi tetap menjadi dunia abadi bagi saya. Saya fikir, menjadi orang dewasa itu menyenangkan. Orang dewasa yang punya imajinasi dan mimpi. keren! kita bisa melakukan apa saja tanpa ada yang kuatir-kuatir lagi, bisa eksis sebagai manusia yang menjadi decision maker bagi dirinya sendiri, hidupnya sendiri. aneh ya? padahal banyak orang yang pengen jadi anak-anak selamanya, biar bisa main dan bersenang-senang terus.

betapa menyenangkannya menjadi dewasa. Gimana rasanya deg-deg’an ketika kita mengambil suatu keputusan yang mungkin akan berdampak signifikan bagi hidup kita! banyak tantangan dengan seribu satu cara untuk mengatasinya, bermain dengan fikiran, logika, imajinasi dan realita..juga resiko dan pertanggungjawaban. menyenangkan bukan?

Kemarin saya chatting dengan teman SMP saya, obrolan yang menyenangkan. apa lagi kita udah ga ketemu berapa tahun ya? lama gitu deh.  Bernostagia dengan masa lalu, kebandelan-kebandelanku dan banyak hal. Bahkan dia berkomentar kalo saya sudah jauh berbeda, lebih dewasa, terlebih dalam menyikapi hidup. ya, saya rasa, tidak hanya saya saja, ketika seseorang sudah memasuki area 20 tahun ke atas mungkin akan bersikap sama seperti saya 🙂

“sebelum kamu nikah, aku mau ngaku dulu.”

“ngaku apaan? inget utang sama aku?”

“nggak.. waktu SMP kelas 2 dulu aku nge-fans sama kamu loh”

“whakakakak.. emang aku artis gitu?”

“hahaha.. ya ga tau lah… tapi badanmu yang tinggi besar itu buatku sperti mengintimidasi. aku kan dulu cuman sepundakmu.”

“yee.. tapi sekarang kan nggak to? kamu pasti lebih tinggi kan?”

“tetep aja, sampe sekarang paling lebih tinggi kamu 2-3 cm. Kamu dulu galak banget sih.. usil!”

“aiib…aiib… wahaha”.

“ko pengakuanku ga direspon sih.. ”

“yeee…mana kamu tau ekspresiku duduuull..!”

“kasih eksplanasi dong”

“well.. im glad to hear that..i appreciate it.. U’re my best friend 🙂 ”

“jawaban jitu..”

— obrolan saya dgn temen saya di chatroom sore kemaren–

Dulu, kita tidak pernah seakrab ini. jangankan ngobrol, tegur sapa malah cakar-cakaran ko…Bahkan saling tidak mau tau dan masa bodoh! padahal, kita pernah satu sekolah selama 6 tahun, satu kota waktu kuliah, bahkan satu almamater ketika saya melanjutkan studi S2 saya. dan lihatlah, hanya dengan waktu yang seper-sekian menit kita bisa akrab dan berbincang senyaman ini 🙂 *Mad, kapan2 ceting lagi ya 😀 *

waktu. pada akhirnya terus berputar dan terus hingga pada batasnya yang tidak seorangpun tahu akan berhenti. setiap orang, tanpa terkecuali, pada akhirnya juga akan memasuki gerbang usia dewasa. walaupun usia dewasa tidak menjamin seseorang akan menjadi sosok yang dewasa pula. Usia kita akan terus bertambah, tubuh akan semakin menua, dan itu semua tidak mungkin kita ingkari.  🙂 Kita mungkin bisa berteriak, “aku tidak ingin menjadi dewasa!!”, namun pada masanya kita akan memasuki zona itu. its all yours, terserah, U’ll take it or not, dan waktu akan terus berjalan 😆

 

Saya pernah berkata kepada calon suami saya, yang kebetulan memang sahabat saya sedari kecil, begini,

” aku ingin tetap punya sayap…  aku ingin terus menjadi tuan bagi dunia imajiku sendiri.. tapi aku ingin menjadi dewasa dan aku tak ingin terkunci dalam dunia kanak-kanak selamanya”.

saya memang manja. manjaaa buanget.. tapi bukan berarti saya harus menjadi perempuan yang lemah tak berdaya gitu aja, ya kan? 🙂 dalam kamus saya, kemandirian seseorang itu ga berpatoakan pada “kita berani pergi kemana-mana sendirian…”,bukan.. bukan itu… tapi kemandirian dalam kamus saya berpatok pada kemampuan seseorang dalam menjalani hidup, tidak bergantung pada orang lain dan mampu menjadi dicision-maker bagi dirinya sendiri.. egois banget ya kedengerannya…ya, itulah saya. saya keras, idealis, sekaligus enjoyable untuk urusan hidup.. oh yeah, i really am! :mrgreen: pasti lain lagi bagi temen-temen semuanya, ya kan? 🙂

Ibu saya bilang, “Jangan takut merasakan sakit..bahkan duka dan luka sekalipun bisa membuat hidupmu lebih bermakna. Tuhan menguji manusia dengan berbagai cara, ya kan? Suatu saat nanti kamu pasti mengerti”. ya ibu, sekarang aku sudah memahaminya 🙂

setiap orang punya cerita hidup, punya alur. punya masa lalu dan kenangan. sebisa mungkin masa lalu itu tidak  menjadi batu sandungan yang menghalangi langkah kaki kita untuk menyongsong masa depan yang lebih baik. manusia memang rapuh, tapi apakah kemudian kita harus pasrah atas kerapuhan kita itu? jangan ya… ^^v

 Teruslah bermimpi, teruslah berimajinasi.. Tuhan memberikan kita akal dan fikiran untuk mewujudkannya..agar kita bisa menjadi manusia-Nya yang seutuhnya, menjadi manusia yang memaknai hidup sebaik-baiknya, tanpa harus berlari dari lentera-Nya.

 

 Jakarta, 24 februari 2009

–Indah Rephi–

 

* buat sahabatku, Rahmad Ikhwan, makasih banyak untuk perbincangan kita sore itu. Hidup, masa lalu, kenangan, masa depan!! nginspirasiin aku untuk membuat tulisan ini ^^v

 

 

Nb:

untuk:

 – sassie kirana

– kak Opi

– Uchie 

aku kagum padamu sist 🙂

50 thoughts on “One Step Forward

  1. setiap manusia punya mimpi. Yang harus dilakukan adalah cepat bangun dan wujudkan mimpi itu dalam kenyataan

    betuull!! jangan tidur & ngimpi mulu.. bangun!dan berusaha ngerealisasikannya dong! :mrgreen:

  2. Mimpi akan tetap menjadi mimpi selamanya jika kita tidak berusaha untuk mewujudkannya. Dan kenangan akan tetap menjadi sekedar kenangan bila kita tidak mau belajar darinya.

    Nice post, Indah 😛

    setuju sama siwi 😀

  3. Masa lalu ya tetap masa lalu, yang hanya boleh dikenang dan tak akan bisa kita kunjungi kembali.

    Yang penting, sekarang kita harus tetap menatap masa depan yang cerah.

    baiklah mas Edi! \(^^)/

  4. itu foto jembatan di mana ? Omiyan… kayaknya asik tuh kalau sepedaan ke sana. Bersepeda untuk kemandirian dan kemerdekaan….sampun salat duha ?

    itu nyolong dari om gugel pak wahahahaha… insyaallah pak 🙂

  5. Hubungan dengan gambar jembatan serta isi postingan itu apa ya…?

    filosofi jembatan = gerbang kehidupan:
    masa lalu, masa depan
    impian, realita
    menjadi lebih baik atau tidak.
    intinya, keseimbangan.
    jembatan itu adalah media penghubung antara 2 titik atau lebih 🙂 silakan dikembangkan sendiri filosofinya :mrgreen:

  6. mimpi dan imajinasi adalah awal dari sebuah keinginan. ya tetep bersyukur masih bisa berimajinasi untuk sebuah manfaat

    baiklah kak omiyan 🙂

  7. hayooooo…ngimpi apaan tuh….jgn ngimpi jorok ya..:-)
    btw, kalo gw sih suka makai istilah 1000 step forward…
    alias langkah seribu atau ngacir….:-)

    idiiihh…gwgw piktooorrr!! whakakakak

  8. indah…………..
    selalu mewarnai hari harimu dengan sapa hangatnya blue hehehe…….
    salam hangat dalam dua musimnya blue

    makasih blue udah mampir 🙂

  9. Pada akhirnya, kenyataan sekarang ini adalah kristalisasi mimpi. kadang sesuai, kadang juga tidak. yang penting sekarang, bersiap untuk sesuatu yang hebat yang akan terjadi nanti… 🙂

    oh agung..aku kagum padamuuuu :mrgreen:

  10. setuju sama idham…
    bangun dan wujudkan mimpi.
    setuju sama agung juga,
    coba inget2 deh, apa yang kita peroleh saat ini, adalah bagian dari impian atau keinginan kita di waktu lalu, entah kapan itu.

    hhmmm…baikah ^^v

  11. setiap orang di dunia ini entah siapapun dia punya mimpi. namun cara untuk menggapai mimpi itu tergantung dari masing2 individu

    iya…setiap individu punya cara sendiri2 untuk merealisasikannya 🙂

  12. kalo ga dimulai dari mimpi, susah juga targetin tujuan, iya kan.. :]

    aku juga dulu punya temen kek gitu, yg tadinya biasa,justru sekarang malah deket. ga nyangka, fufufu ^^;

    dari temen jadi demen nih? wahahaha…

  13. so sweet,
    .
    dulu saya tidak pernah berpikir untuk manjadi dewasa atau apalah…. bahkan sempat panas dingin jika ditanya cita-cita.

    walah mas..dulu saya malah pengen bs cepet gede, biar bs cari duit sendiri..biar bs ngajak ayah ibu ku ke mekah sama2 😀

  14. hummm….

    waktu dan hidup mendewasakan kita ya…

    dan mimpi…

    mimpi dan harapan yang bikin kita tetep smangat ngadepin idup dan semua leluconnya yg kadang gak lucu tapi kita terpaksa ketawa karna gak tau mau bereaksi apa…

    iya..manusia pasti akan memasuki zona ini, suka atau tidak suka. karena, seiring berjalannya waktu, tubuh kita akan menua, usia akan terus bertambah, banyak hal yang akan & telah kita ketahui. that’s life! ^^v

  15. pengen juga mbak, ngajak ortu naik haji, 😀
    saluut bwt mbak indah,
    gerbang kehidupan yak, jadi inget tulisan di sebuah buku.. “Allah menyembunyikan kematian dalam umur, agar manusia selalu mempersiapkan diri untuk menyambut kematiannya..” wah, inget kehidupan juga inget kematian nich…
    y0sh..! hadapi hari es0k dengan pnuh smangatt!!
    bismillah…

    baiklah ^^v awali segalanya dengan basmallah..semoga semua berjalan dalam ridho Allah! semangat sinaa!!! ^^v

  16. maka nikmatilah hidup ini bagaimana pun caranya karena kita hanya hidup sekali so teruslah melangkah….

    baiklah ^^v life is not easy but its always beautiful, rite? ^^v

  17. ahhh menjadi orang dewasa kadang menyenangkan karena ada kekuasaan yang mengikutinya.. tapi ketika aku tatap anak kecil yang bermain riang, aku ingin seperti mereka kembali.. tanpa beban, tanpa target dan tanpa kekhawatiran..
    semakin dewasa, berkuranglah jatah kita dan antrian untuk menghadapNya pun semakin dekat bukan ?

    ya, “dewasa” itu mendekat pada kata “kuasa & kekuasaan” karena semakin lama waktu yg sudah kita lewati, semakin jauh jalan yang kita tempuh, semakin banyak hal yang bisa kita dapati dan pelajari…
    ujian, halangan, rintangan..bukankah Allah menguji manusia dengan berbagai cara agar kita bisa menjadi manusia seperti apa yang Allah mau?
    dan kematian itu, siapapun, kapanpun dan bagaimanapun pasti akan dihadapi semua orang tanpa terkecuali, ya kan mbak? ^^v im not willing to die, tapi saya rasa kematian itu indah… maka, selagi kita masih ada waktu, gunakanlah kesempatan2 yang diberikan Allah sebaik2nya 🙂
    senang bs bertukar pikiran denganmu mbak ^^v

  18. Wah yang semangat-semangat begini saya sangat suka…

    Hhh…Saya sudah 5 tahun tidak bertemu kawan SMP saya..Jadi kangen juga..

    HOhohoo..kok malah curhat sendiri..

    Salam Bocahbancar…

    baiklah… ayo kita semangaatt!!! semangat nyopet yuukk? whekekekek… *tiarap takut ditimpukin 😀 *

  19. mbaknya ga akan brenti kan?

    insyaallah, saya ga akan berhenti ^^v i have a lot of dreams, saya akan berusaha mewujudkannya…seandainya gagal tak apa, yang penting sudah berusaha, ya kan? semangaatt!! 🙂

  20. I’ll one step behind You 🙂

    -smiley man-

    baiklah ^^v
    tapi, bukannya seharusnya kita berjalan beriringan…tertawa dan menangis bersama? itulah persahabatan ^^v

  21. ada yang kurang lho de…disini yaitu kok saya belum nge-Link ya kesini….

    Linknya dah ok tuh

    hehehe..udah di link kak…liat inspiring people ya ^^v

  22. tulisanmu itu emang sangat indah mbak indah….seindahnya nama penulisnya….:D

    smoga bisa belajar darimu…

    saya juga belajar dari temen2 semua ^^v kita sama2 belajar ya! ^^v

  23. Benar mbak Indah…tanpa kita sadari pun waktu terus berlalu dan kita pasti akan beranjak dewasa.Tetap semangat menerima kenyataan dan terus menyongsong masa depan:-)

    Salam hangat dan persahabatan selalu

  24. dolo jamannya masih kecil pengen cepet dewasa karna selalu di anggap anak kecil, beranjak umur 20 masih tetep aja di anggap anak kecil beranjak 24 masih tetep juga di anggap anak kecil, sampe akhirnya sebagian yg menganggap anak kecil meninggal

    ampe sekarang umur 26 pun masih di anggap anak kecil yg ga perlu tau urusan orang tua … hehe

  25. “Jangan takut merasakan sakit..bahkan duka dan luka sekalipun bisa membuat hidupmu lebih bermakna. Tuhan menguji manusia dengan berbagai cara, ya kan? Suatu saat nanti kamu pasti mengerti”.

    nasehat ibunya kena banget deh… 😀

  26. hai sistha………… lama tak jumpa neeehhh………… eh, emang bener ibunya mbak, jangan takut melangkah mbak, kalo tersesat yah qta balik ajah lagi……..

  27. Halo sobat, aku berkunjung ke tempatmu seperti biasa.
    Janganlah kau bersedih atau berduka sesungguhnya engkau adalah makhluk sempurna.

    Cheers, frizzy.

  28. dengan mimpi kita dapat melangkah..
    tanpa mimpi, tak tau apa yang harus di kejar..
    teruslah bermimpi dan mewujudkannya…

    apapun yang terjadi, selama kita lakukan yang terbaik, maka itu lah hasil yang terbaik.. karena Allah swt selalu memberikan yang terbaik.. dan tahu mana yang terbaik bagi hambaNYA..
    😉

  29. beiNg honeSt mBa..
    aq jg saLah seoRang yg g piNgin jdi dewaSa..
    seteLah beiNg-20..
    aq nYadaR..m’jdi dewAsA tidaK mudah…

    tpi..life musT go On..
    qTha g bisa m’ingkaRi waKtu..

    mba iNdaH laM kenaL y..
    makasiH kunjungaNx k bLogKu..
    aq liNk y mbA..:)

Leave a Reply

