Hoshi : The Harmony of Life

“Hoshi..”.

 

“ya?”.

 

“jantungku berdegup kencang akhir-akhir ini… seperti Gendang tapi tak berirama.”

 

“oh ya? ? Walaupun tak berirama, dia tetaplah bernada. Seperti rintik hujan.. atau disaat kita bernafas. Harmoni.”

 

“aku tak mengerti, Hoshi..”

 

“Baiklah Tsuki…akan kuceritakan padamu”

 

 

what_is_harmony

 

Dalam setiap nada ada harapan, dalam setiap kalimat musik ada kesehatan, dan dalam setiap lagu ada kegembiraan, Dengan musik, hidup diharapkan menjadi lebih baik dan berkualitas ( Aristoteles)

 

 

 

 Dengarlah detak jantungmu sekali lagi, Tsuki. “dug..dug..dug..”, seperti hitungan “satu, dua, tiga”… jika kita menggunakan imajinasi kita, detakan itu akan menjadi nada.. “do, re, mi…”. semakin cepat jantungmu berdetak, tempo nada itu juga akan semakin cepat, mungkin dengan jeda satu detik atau setengah detik…“dug-dug-dug-dug-dug-dug-dug-dug-dug…do-re-mi-do-re-mi-do-re-mi..” gunakanlah imajinasimu. Nikmatilah.

 

Nada “imajiner” itu lebih dari sekedar bunyi. Dia adalah bunyi yang dibentuk dalam komposisi yang disusun secara harmonis dengan imajinasi, dengan atau tanpa kesadaran kita, mengapa? karena kita punya indra. Kita bisa mendengar, kita bisa merasakan.

Pernahkah km jatuh cinta, Tsuki? Jika kita dalam kondisi itu, hamonisasi nada imajiner semakin menggila dan luar biasa indahnya.

  

Vibrasi imajiner yang dihasilkan akan mempengaruhi getaran yang ada di dalam diri kita. Tubuh, hati, pikiran. Harmonisasinya akan mempengaruhi kesan harmoni di dalam diri kita, kehidupan. Jika harmoni nada imajiner setara dengan irama internal tubuh kita, nada imajiner itu akan memberikan kesan menyenangkan. Sebaliknya, jika harmoni nada imajiner tidak setara dengan irama internal tubuh kita, nada imajiner itu akan memberikan kesan kurang menyenangkan.

 

Bayangkan. Jika kita akan menghadapi suatu peristiwa yang penting dalam hidup…detak jantungmu akan perlahan cepat, melambat dan cepat lagi berulang-ulang seperti terkendali, “dug..dug..dug..duug..duuug…duuug..duug…dug..”. diikuti dengan wajahmu yang merona, mata yang berbinar-binar. Kita sedang berbahagia!

 

Atau.. atau.. seperti tarikan nafasmu! Ya, cobalah imajinasikan itu. nafas juga memiliki nada. Exhale. Inhale. Ketika kita panik, ketakutan, letih bahkan.. marah! Dia akan berubah-ubah dengan sendirinya, dan tanpa kita sadari, kitalah yang mengendalikannya, kitalah penyebab terciptanya harmonisasi nafas itu. semakin marah, semakin panik, semakin ketakutan tarikan nafas semakin cepat, tak beraturan, terengah-engah… bahkan kita memaksakan paru-paru terus memompa padahal oksigen sudah tak bersisa dalam rongga-rongganya.

Akan berbeda jika kita dalam kondisi tenang. Kita bisa merasakan setiap tarikan nafas yang terhirup ,masuk dari hidung, kerongga-rongga tenggorokan lalu masuk ke paru-paru dan kita keluarkan lagi.

 

“bagaimana bisa antara nada pikiran, tubuh dan jiwa saling mempengaruhi, Hoshi?”

 

Hhmm…Tsuki, Ada tujuh emosi dasar yang menelingkup kehidupan kita, yaitu rasa cinta, benci, hormat, sedih, marah, gembira, keinginan seksual. Dan tanpa kita sadari (atau mungkinkah kita menyadarinya?) ketujuh emosi dasar ini mempengaruhi harmonisasi nada-nada dalam kehidupan kita, baik secara langsung maupun tidak.

tubuh memiliki harmoni vibrasi yang berubah-ubah, dapat seimbang atau tidak seimbang. Organ-organ tubuh kita seperti sebuah orkestra. Karya Tuhan yang sangat menakjubkan, bukan?! Detak jantung, helaian nafas, titik-titik air mata, suara dari tenggorokan kita, suara hati…Tubuh kita mampu menghasilkan musik indah, ya, itu akan terjadi jika, tentu saja, jika kita dalam kondisi yang baik. sehat, senang, suka cita, tersenyum, tertawa! Pejamkan mata dan dengarkanlah…rasakanlah ketika kita bahagia, detak jantung akan menghasilkan nada indah yang bisa membuat wajah kita merona!

 

Dan dengarkan detakannya, ketika kita terluka, berduka, marah…detakan itu semakin meracau sendu bahkan berbaur dengan nada lain dari titik-titik airmata yang menetes “tik tak tik tak tik” dengan tempo yang tak beraturan. tapi…tapi… kita pun bisa membuat nada-nada sendu itu menjadi indah, dengan keselarasan. harmoni! 

“Bagaimana kita mendapatkan nada-nada yang indah dalam harmoni kehidupan ini? seketika kita dalam luka duka sekalipun?”

 

oh, Tsuki… ketika nada-nada sendu ,menyeruak dari sudut matamu yang berlinang, nada itu akan membuatmu semakin biru… cobalah memadukannya dengan..dengan sedikit sentuhan rasa dalam hati…Bersyukur! Ya! Lakukanlah! Bahkan luka dan duka pun mampu membuat hidup ini indah dan bermakna!

 

 

 Kono Sekai wa Kirei desu. Dunia ini Indah.

 

“Begitulah…Tsuki, maukah kau berdendang dan menari bersamaku, sekali lagi?selamanya? ”

 

 

 

 

 

11 Februari 2009,

Jakarta in love : menanti hujan bersamamu, Hoshi 🙂

 

 –Indah Rephi–

 

 

 

nb:

Hoshi = Bintang

Tsuki = Bulan

Indah = cantik banget *hehehe yang ini mah ngaco banget :mrgreen: *

 

tunggu ya, cerita selanjutnya 🙂

 

Advertisements

75 thoughts on “Hoshi : The Harmony of Life

  1. seumur-umur baru pertamax di blog keren ini. jantung saya berdegup seperti kendang dangdut

    berarti nanti kita bs duet dong pak, dangdutan gitu.. hehehe :mrgreen:

  2. Benar juga yaa.. aku dulu waktu jatuh cinta.. klo ketemu dia… waduh getar jantungku cepat amat…
    Kren..kren memang Indah..

    jadi inget masa lalu ya? whekekekek…

  3. woro-woro
    pemilik blog ini harap segera mengirimkan data lengkap :
    nama
    alamat
    telepon
    hp
    ukuran kaus
    nomor ktp
    ke email saya…penting !!!!

    mw diajak kampanye ya pak? hehehe… baiklah, nanti saya kirim.trims ya pak cak husnun 🙂

  4. wah.. lg mellow nich kayaknya.. hehe
    nice pst..
    cinta… aQ ssh komentnya mbak..g konsen, gr2 aQ kehabisan kata ttg cinta.. hahaha

    sebenarnya, pesan yang disampaikan bukanlah cerita ttg cinta sarah sayang..tp tentang harmoni kehidupan 🙂

  5. iya, aku merasakannya… aneka merdunya musik di tubuhku…

    indah sekali postingannya mbak.. kaya orangnya, hehe.. 😉 hmm..
    sekarang musik yang keputer apa yak? wah, ada lagunya YUI lho dalam tubuhku.. 😀 hehehe,

    hahaha.. ayo ayo ayo..kita nyanyi&nari sama2… dengarkan orkestra dlm hati, lupakan suara merdunya rita sugiarto, lupakan joget erotisnya dewi perssik,,,lupakan lupakan! kita punya style sendiri yg lebih asik 😀 tp jangan kayak org gila ya? hahahaha…. :mrgreen:

  6. Jadi semua yg terjadi dalam menjalani kehidupan ini penuh dengan alunan melodi ya ? Gw rasakan dulu ah alunan degup jantungku, ntar balik komen lagi 😛


    jari dan jempol tangan digoyang, jari dan jempol tangan digoyang *joget smbl merem melek* :mrgreen:

  7. di tengah padang ku kan berdendang
    di tengah rimba ku kan memuja
    di manakah Engkau kucari bayang-Mu
    walau ku bermimpi
    (Gombloh, Hyang Shanti)
    cinta datang dari Dia
    mencintai segala yang hidup di bumi
    berarti mencintai Dia
    (Che Susanto)

    waw! indah sekali mas 🙂

  8. Bersyukur???
    hmm…itu inti dari dangdutan degup jantung kita ya mbak?
    Dalam banget nih…
    🙂

    bisa mas bisa…hehehe… ya dalem dong, kan ngegali tanahnya pake semedi dan puasa 7 hari 7 malam (lho?) hehehe.. :mrgreen:

  9. dunia kecil yang terpancar keluar ke dunia besar yah?
    jadi seperti apa yang terjadi di dalam akan terefleksikan ke luar dan memperngaruhi tingkah laku. begitu yah kira2?

    berarti jago sekali kalo ada orang yang selalu bereksppresi dingin dan datar aja yah?

    berekspresi dingin dan datar saja bukan berarti dia tidak merasakan apa2 bedh 🙂 mungkin cukup hati dan jiwanya saja yg tau tanpa harus memperlihatkan kelemahannya kepada org lain, ya? 🙂

  10. Kok ada ya, orang menulis sepintar ini?

    ko ada ya, orang yang sejenius dia? *menujuk mas heru 🙂 *
    kan berguru padamu mas heruuuu… ^^v

  11. Harmoni indah itu tercipta setelah dawai kasih sayang digetarkan, irama merdu yang mengalun didalam akan membawa kita melayang keperaduan yang akan datang, sayap-sayap cinta akan menghembuskan setiap nada harmoni indah keudara sehingga rumput, bunga dan serangga juga menari karenanya! oh dunia!

    idem sm masciput…keren bgt euy! 😀

  12. jantung berdegup ketika melihat sebuah senyum saya pernah rasakan..tapi senyum dari seorang teman

    temen yg dulu ditaksir ya kak? hihihi..

  13. gambarnya seperti logonya Mozilla, =))

    keren ceritanya

    oh ya? td jg ada yg bilang begitu, kayak firefox.. 😀
    makasih ya Achist 🙂

  14. Pfiuuhh.. Bener. Kono Sekai wa Kirei desu. Dunia ini Indah. Terutama bila sedang jatuh cintaaa..

    Oh Indah, im in love with ur post yang begitu indah heheheheh..
    😛

    im in love with u siwi :mrgreen:

  15. “Begitulah…Tsuki, maukah kau berdendang dan menari bersamaku, sekali lagi?selamanya? ”

    .
    ee, so shimashou

    artinya apa dong? ga ngerti, ga bs jepun :mrgreen:

  16. nada jantung.. tanda kehidupan tuh

    iya.. dug..dug..duug…duuududududugg.. *ko kaya suara bedug magrib ya? :mrgreen:

  17. aKu mau menemani hoshi& tsuki..
    tidak hanya kali inih tapi selamanya…

    ** den9an senan9 hatiiii..:)

    untaian kata nan indahh,makasi suda sinn9ah..:)

    sama2 wi3nd 🙂 makasih ya udah berkunjung balik kesini 🙂

  18. Dug…dug….dug…dug…. kok seperti suara beduk ya? oh salah ternyata ini suara jantungku sendiri hehehe……

    kirain suara org gebug2an, berantem :mrgreen: hehehe…

  19. sebuah harmoni yang menyejukan…saat jantung dan darah saling berpacu menggerakkan jiwa dan raga kita…
    bagaikan perpaduan langit dan bumi yang saling menopang…

    ah mbak indah ini bener2 pemikir yang serius atu serius berpikir yah…

    serius berfikir mas…soalnya saya ga bs serius hahaha… :mrgreen:

  20. hallo mbak..kangen nih….ntar mampir ke fb-nya ach…..

    Hoshi = Bintang
    Tsuki = Bulan
    Indah = cantik banget *hehehe yang ini mah ngaco banget *

    Mbak Indah so indah..???????? 😀


    miss u too dear bro&sis 🙂
    hehhee… bs aja km ya hahaha….

  21. hidup memang dipenuhi harmonisasi nada, bahkan diam juga bagian dari nada kehidupan. *ngaco* :mrgreen:

    apa lg kalo ditambahin coklat sm gula2 ya… *membayangkan makanan* hidup pasti lebih lezat :mrgeen: *amit2 deh ni yg punya blog..makanan mulu yg dipikir :mrgeen: *

  22. degup jantung eloh tuh iramanya cantik banget lho mbak,
    apalagi orangnya,… tapi sayang, fotonya kok jadi monyet seh ? trus mbakq yg cantik nih mana ? 🙂

    kn udah oprasi face off kemaren, diganti pake mukanya monyet :mrgeen:

  23. orchestra alam ciptaan Allah sudah sedemikian sempurna. hanya sayang….kadang kita tak kmampu bersyukur bahkan lebih suka membuat tandingan….

    hhmm…betul itu.. manusia oh manusia… 😦

  24. Btw, kakak lagi jatuh cinta? Begitukah rasanya?
    Hoshi=bintang
    Tsuki=bulan
    Kirei=cantik
    Radesya kirei desu
    aih.., nggak nyambung ya 🙂
    *narsis.com*
    dozo yoroshiku kak indah..

    hhmm… begitulah rasanya rara :mrgreen:
    eh, nyambung kok nyambung… rara ni cantik lho… jadi naksir hihihihi… :mrgreen: *lho?*
    makasih ya sist udah mampir..jadi senang 😀

  25. yeah.. that’s life indah..
    kehidupan dgn suka dan duka yg datang silih berganti..
    yg memberikan warna dalam hidup ini..

    btw, bahasa lu kerenn oiii…
    duh, kpn gw bisa nulis pake bahasa tingkat tinggi kyk gini hehehe..

    makasih ya sist 🙂
    caranya gampang sist.. tinggal semedi 7 hari 7 malem, smbl makan jengkol hahahaha….
    semangat ya sist! ^^v

  26. iya mbak….. betul itu… kalo lagi marah, biasanya harmoniq heavy metal, kalo lagi gembira yaaaa reggae, kalo lagi sensi ya keroncong…….. hik hik hik…..

    kalo lg mules, ndangdutan dong mbak :mrgreen: hehehe

  27. Wuihh…Bener mbak. Dunia ini indah. Banget. Sayang kita kadang luput menyaksikan dan merasakan keindahan itu, digusur rutinitas dan banyak hal yang kita anggap wajar saja terjadi…

    itulah manusia.. tempatnya lupa ^^v
    makasih ya udah mampir 🙂

  28. Tsuki anak mana seh??? 😀
    Isinya dalem baget Salu-salut 🙂


    tsuki itu anak yang rumahnya dipinggir sawah lunto hehehe… makasih cakwin 🙂

  29. yah..itu betul
    perasaan akan selalu ada dalam segala tingkah laku kita. Biasanya kalau untuk hal-hal yang penting dan pertama kali kita akan berdegub kencang…dag dig dug der….

    betul itu mas arif 🙂

  30. dapat ide dari mana nih, keyen ndah 😛

    selamat hari kasih sayang

    kuberikan SENYUMAN terindah deh

    jgn minta coklat tar sakit gigi hihihi

    *bukanya pelit tp emang lg bokek wikikiki*

    hehehe… hbs semedi 7 hari 7 malem plus makan rendang jengkol sep :mrgreen: ma’aci ya septa…hihihi..jadi coklatnya mana dong? 🙂

  31. maaf ya mbak..aku udh sembuh dari virus hiblogikoh,,makanya udh g hatrixxxxx lagi 😦

    *kaburrrrrrrrrrrrrr* :mrgreen:

    lha itu tuh..udah berapa kali tuh? huawahahahah…

  32. tuh kan, kebanyakan di darat jadi gak sempat mampir kesini…. ketinggalan kereta deh…. hehe

    hehehe.. bs aja km gung :mrgreen: sering2 mampir dong, kasih komen yg buanyak biar tulisanku laku waahahaha

  33. copas mas didien ah…..

    Hoshi = Bintang
    Tsuki = Bulan
    Dcamz = Baik banget
    Agung = Gede banget
    Indah = cantik banget *hehehe yang ini mah ngaco banget *

    :mrgreen:

    whekekekek..
    agung kan artinya mmg gede 😀

  34. aku juga udah sembuh dari virus hiblogikoh lho mbak… jadi udah gak hetrik lagi…. hehehehehe…

    ngacir ah ke apotek dulu :mrgreen:

    lah itu udah 3 kali wahahaha… sarap sarap… agung sarap whihihihi… kangen nih..kapan chat lg ya? *mikir mode on*

  35. wah keren tulisannya mbak indah, pinter basa jepang lagi…….sipp lah
    kpn2 diajari ya Mbak D

    oiya, klo lagi jatuh cinta dan ketemu si dia emang kadang2 jantung berdetak sangat kencang

    aaahhh dek nur bisa aja hehehe… :mrgreen:

  36. post yang NICE….I Like………man….
    kamu hbat….buatkan pyuisi untuk aq dong….

    im a woman, not a man dude hehehe…
    mkasih yaa 🙂

  37. degup jantung itu berasal dari adrenal yang mana pemicunya adalah otak, bila kita bisa menciptakan simphony beethoven dalam jiwa, untuk merasakan cinta dari amarah sudah bukan hal yang sulit anyway nice post mbak, saya akan coba untuk menjadi hoshi

    baiklah ^^v

  38. Hi5..harmony musik emang mempengaruhi banget ama mood kita, misal lg sedih, lagu melow biasanya kita setel, kalo lagy marah, lagu rock/ metal biasanya, trus kalo lg seneng, disco2 kyak nidji gtu,hoho..indahnya hdup itu..:-D


    bole bole :mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s