Capcay Sendal Goreng

 Temen-temen pernah nyoba menu ini? Menu baru loh, dirilis di jogja, tepatnya di terminal condong catur sekitar bulan Mei 2008 lalu.  Pengen tau gimana cara masaknya? Baik lah, saya ajarin deh J

 

Siapkan bumbu-bumbu utama yaitu sakndulit garam, sejumput merica, secuil bawang putih, sakecrot saos sambel dan kecap. Bagi yang suka pedes, bs di kasih cabe utuh satu kwintal. Untuk isinya, siapkan caisin/sawi ijo, sawi putih, kembang kol, kol, wortel, tahu, telor, ati ampela, udang sm daging ayam. Oh iya, jangan lupa sendalnya ya, merek apa aja bisa… swallow, Sunny, Homyped, Carvil, Edward Forrer, Bucherri ato Yongki jg bs ko, dijamin deh pasti sedap semua!

 

Cara masaknya adalah…

ngghh….

Semua bumbu dioseng2 jadi satu, terus sayuran2nya dimasukin ya…terus telor, udang, ati ampela, tahu, daging ayam semuanya dimasukin..terus diaduk2… tambahin saos sm kecap ya..jg itu tuh cabenya yg satu kwintal itu.

Setelah semuanya matang, nyampur terus pas diicip-icip udah nampak sedaapp..angkat dan sajikan diatas piring ya..bukan di atas ember, nanti makannya susah. Lalu tambahkan sandal beragam merek tersebut diatasnya, baiklah, Capcay sandal goreng siap disantap!

 

Gariing.. *kriuk kriuk*

 

Hehehe…

 

Sebenernya mw cerita pengalaman tentang Capcay Sendal Goreng lho!

Sekitar bulan Mei 2008 lalu, saya makan malam berdua, sm pacar saya, namanya Tari :p berhubung cuaca di jogja waktu itu dingin, jadi kita mutusin cari makanan yg anget2. kita mutusin bwt hunting makanan di terminal Condong Catur, yg deket sm kosan. Kalo malem kan disitu banyak banget makanannya, zzssrrluuurrppp!!!

wahahaa…setelah sampe terminal concat (condong catur) kita segera meluncur ke warung capcay langganan yg emang sedep masakannya. Waktu itu saya saya sm Tari sm2 pesen Capcay Goreng special *tp ga pake sandal*.

Setelah menunggu beberapa lama ditempat lesehan, capcay goreng special yg kita pesen dateng…waaa…perutnya udah pada klurukk…langsung santaapp!!

Pas lg asik-asiknya makan smbil ngobrol, ada anak kecil lari2… dia sm mamanya, pesen makanan jg. Anak itu sangat aktif dan ekspresif, buktinya dia duduk di lantai pake gaya lompat terus koprol *posisinya waktu itu, kakinya msh lengket sm sandal*. Eh pas ditengah adegan ajaib itu, ga sengaja itu sendalnya terbang. Waktu itu saya ga sadar dan tetep asik sm capcay gorengnya smbil ngobrol. Eh pas mau nyendok capcay lha kok ada sandal dengan sangat cantik, manis dan lezat tersaji indah diatas mangkuk capcay goreng sayaaa T_T haduuh..adekk…km kreatif sekali, menciptakan menu capcay baru T_T

Yg bikin saya sedih itu ya, capcaynya itu masih banyaak, dan huhuu..mahaall utk ukuran anak kos spt saya… geloo banget deh…

tp pas liat adek kecil itu saya jadi ga tega..soalnya dia ketakutan, trs dicubit & dimarahin mamanya… kasian kan ya? Seharusnya ga spt itu menindaki kesalahan yang dilakukan anaknya baik sengaja maupun ga sengaja..ibu saya aja ga pernah begitu sm saya walaupun saya bandelnya minta ampun…

Adik itu nangis, mamanya nyamperin saya minta maaf terus blg mw ganti makanan saya… saya malah melongo, terpana sm tangisan adek tadi.

Ibu ibu galak : “mbaak, maaf ya…anak saya ga sengaja, nanti makanannya saya ganti ya..”

Saya : “ndak usah bu, saya tau adek ga sengaja ko, ndak usah diganti..adeknya jg jangan dimarahin ya bu..dia kan ga sengaja..

 

Ibu ibu galak : “anak saya nakal sekali…*wajah sedih*”

Saya : “ndak ko bu, ndak nakal.. namanya jg anak-anak, harus dimaklumi..kn dia jg ga sengaja bu…saya ndak papa bu, jangan kuatir..tp si adek jgn dicubitin mulu, kasian kan dianya…”

 

Ibu ibu galak *manggil anaknya* : “dek, sana minta maaf sm kakak itu..”

Adek kecil : “kak, maafin dedek ya… nanti dedek ganti makanannya..” *sambil nangis*

 

Saya : “cup..cup..sayang..jangan nangis ya..udah, makanannya ga usah diganti..kakak ga marah ko sayang *sambil meluk adek itu*”.

 

 

Beberapa saat, saya berusaha menenangkan adek kecil itu. sedangkan temen saya, Tari, berusaha nyeramahin ibu-ibu galak tadi.

Setelah semua reda, ibu dan anak itu kembali ke tempat duduk lesehannya lg, nunggu makanan yang dipesannya. Sedangkan saya dan Tari, beberapa saat bengong smbil melototin capcay goreng yg udah berhiaskan sandal di mangkuk saya…lalu… “gyahahahahahhaa…. Capcay sandal goreng…hanjiiirrr!!mantap..mantap!! wahahaha…”.

 

Siapa saja, kecuali psyco, pasti ga tega ngeliat anak kecil dlm kondisi seperti ini.. menenangkannya, membuatnya tersenyum ceria lg itu jauuuh lebih penting dan lebih nikmat dari pada seporsi besar capcay goreng paling lezat dan bikin kantong melorot itu.

 

all in all, ada pelajaran yang bisa saya petik dari kejadian ini, terutama jika saya menikah danmenjadi seorang ibu nantinya. yaitu, bagaimana caranya menegur atau mengingatkan anak atas kesalahan yang dilakukannya itu dengan tanpa kekerasan baik fisik ataupun psikis.

Lesson:

untuk para ibu, jangan biasakan menghukum anaknya dengan kata-kata keras dan kasar dan jangan melakukan tindakan keji lainnya, seperti mencubit, menjewer, nempeleng dan kekerasan fisik lainnya.

Anak adalah titipan Allah, jadi, jagalah dgn sebaik-baiknya dan sayangi dia setulus-tulusnya. jadilah seorang istri dan ibu yang bijaksana.

Advertisements

55 thoughts on “Capcay Sendal Goreng

  1. kasihan tuh ibunya, kenapa harus marah-marah sama anaknya kan ga baik buat perkembangan psikologis anak. apalagi ditempat umum

    iya itu pak, ibunya sawanen kayaknya deh 😀

  2. Sstt…saya mau pinjam sandalnya, biar bisa tanduk capcay. Sudah nyoba oseng-oseng mercon di yogya ?

    wahaha..
    udah nyoba dong pak..ampe kena diare sayanya wahahaa

  3. hm… keren nih lessonnya… 😎

    btw menunya boleh juga… :mrgreen:
    untung cuma sendal… kalo bakiak gimana yah… 🙄

    -gbaiq-
    [senyum] 🙂

    === === ===

    hehehe..

  4. duuhhh… padahal dah siap mau nyatet resep capcay sendal goreng 🙂
    tapi bener kok, anak ndak boleh dikasarin .. sayang atuh


    hehehe..dicoba mas, pasti enak ko..tp ga pake sendal lho ya wahaha..
    iya.. bener..seorang ibu g boleh kasar2..kasian anaknya 🙂

  5. tapi gak apalah mba, itung2 menemukan suatu inovasi baru dalam dunia per cap cay an hahahaha

    wahaha…iya..iya..betul banget itu mbak wahahaa

  6. Nyoba komen lagi. Kayaknya SPAM sudah mengincarku deh mba’e…

    opo iyo to mase?
    td tak cari ndak ada masuk ke spam je mas ..
    binun..hik..hik…

  7. resep yang bagus…meskipun aq ga bisa masak

    itu udah saya tulis bumbu, bahan2 plus cara masaknya..bs dicoba..tp ga pake sendal lho ya 🙂

  8. Kalo ke sana lagi..pesenin Nasi rawon depan Balai desa Terminal Concat ya….yang ada kantor ranting PLN itu na…sudah 3 tahun gak kesana

    walah disitu to mas wahaha…saya pernah nyobain..lumayan 😀

  9. Untung cuma sendalnya yang nongkrong di atas capcay. Lha kalo anaknya ikutan nongkrong…? Lebih enak lagi tuch rasanya…
    wakakakakkkkk….

    jadi, judulnya capcay sendal anak goreng dong mas wahaha

  10. waah mbak indah, hatinya lembut n halus yah….

    hebat…hebat….

    AW….enak gak sih capcaynya….??!!!

    setiap wanita normal pasti akan bersikap/bertindak serupa mas *ga marah2in anak* 🙂
    enak mas..mau??nanti sy bikinin yaa 🙂

  11. wah mbak indah baik hati ya..
    kalo saya sih belom tentu bisa tahan emosi kalo kayak gitu, paling gak saya minta ganti capcay nya..heheheh..
    maklum anak kosan juga, agak sensitive kalo masalah duit&makanan..

    blogwalking..

    kalo minta ganti, nanti kasian adek kecilnya pasti tambah dimarahin sm mamanya 🙂

  12. Untung yang masuk cuma sandal anaknya. Coba sandal ibu-nya, pasti tuh ibu dijewer anaknya.
    Waduh…mbulet.
    hehe..
    Btw, rasa capcay-nya jadi kayak apa mbak? Asin kali ya?
    hehehe

    rasanya kayak tembelek mas, itu anak pasti abis ngintek kotoran kebo wahahaha

  13. Memang dalam mendidik anak kita nggak boleh pake kekerasan tapi kalo anaknya super bandel dan nggak bisa di omongin ya nggak papa juga asal njewer,pukul atau apapun harus dengan penuh kasih sayang.
    Sebenarnya nggak perlu keras kok dalam memukul anak,cukup dengan cubitan atau ngomong yang keras (seperti di bentak sudah tentu si anak akan takut)
    Salam kenal dari blogger Jatim…

    yaa…sm aja itu kekerasan mas ..cukup ajak bicara baik2, heart to heart *halah*, ajak anak utk berdiskusi, mana yg baik mana yang nggak…saya rasa dgn berbicara anak masih bs mengerti ko.
    ibu saya, tdk prnah mendidik atau menegur saya dgn kata2 kasar, dgn cubit atau menjewer..cukup ajak berbicara, dari hati ke hati, apa yang harus sy lakukan, mana yg baik mana yg enggak…buktinya,saya mw mengerti ko 🙂

  14. wah…aku yang asli jogja koq malah nda tau ada masakan cap jay sandal macam ini ya…

    mesti wisata kuliner cepet2 nih heheheh

    mulakno, cb hunting di daerah terminal concat, kalo ada warung tenda terus ada anak kecilnya mampir..nanti ada ko menunya wahaha..

  15. kirain sandal yang itu… tak taunya enak tenan kayaknya capcainya… mau dunk nyobain…heheheh

    wahahaha…
    tenang aja, ntar tak masakin special deh, pake sendal jepit wahaahha

  16. menarik banget deh pengalamannya.
    anak-anak memang musti diajarkan mana yang benar dan salah, tapi bukan dengan hukuman. terlebih lagi, anak musti dilatih untuk ekspresif mengemukakan penghargaan, penyesalan, dan permohonan dengan tiga kata terhebat dalam kamus: terima kasih, maaf, dan tolong.

    betul itu mbak…kayaknya saya mmg harus banyak belajar sm mbak nih 😉

  17. wah salut ama indah, blm jd ibu aja uda care bgt ama anak kecil… Calon ibu yg baek nih… Sluurpppp!

    Ndah, ada pr n award di blog nA y (di kolom d’bloggerian)

    aku kan udah tante-tante mbak wahahaa…
    walah, dpt award?? baiklah… 🙂

  18. wah hidangannya masih sandal goreng 😀 kirain sudah di ganti sup muur-baut-plus-ban dalem 😀

    😀 beluum maass…lg bersemedi, cari resep baru yang lebih garang dan mantaph..wahaha… walah walah, kalo sup mur-baut-plus-ban dalem itu kan bwt latihan debus mas whahaha

  19. bener banget mbak Indah…suka horor d liat ibu2 yang dengan seenaknya nyubitin anaknya, mukulin…itu kan termasuk KDRT. Heran d…apa ga takut ntar si anak akan bersikap gitu juga, saat dia dewasa, dah kuat, dan ortunya dah tua renta ga bisa mukul2 lagi…. Harusnya kita selalu menggunakan hati nurani yaah dalam berkata2, bersikap, bertindak, ga cuman nurutin emosi ajaah…

    iya mbak… pembentukan pertama karakter anak itu dilakukan oleh keluarga,terutama ibu 🙂 smg kita bs jadi ibu yang bijaksana ya mbak 🙂

  20. Ngakak nih..
    bikin perutku sakit aja, dek! 😀

    *Boleh dong dibikinin… tapi kamu yang makan ya… aku yang moto-in terus aku upload di blog.. gimana, dek?* hehe

    wahahaha… bole bole mbak..sekalian mw melatih ilmu kanuragan sekalian belajar debus mbak whahaha…

  21. wekeke… gurih ngga sendalnya, apa? kurang garam? wekeke..

    ngajarin anak ya.. hmm.. indah uda punya anak? belum kan ntar deh… dan bila saat itu tiba semoga posting ini masih ada yah, wekeke…

    marah sama anak dengan cara memukul, menjewer itu sebenernya bagi saya ngga salah hanya saja kita juga meratiin, tempat dan tingkat ketahanan si anak. Itu adalah salah satu bentuk Psikoterapi yang dilakukan bila memang si anak uda bener2 nakal kayak Indah masak makan capcay pake sandal wekeke…

    enak ko..guriiih banget, soalnya dicambur tembelek wahahaha…
    saya belum punya anaak, merit aja belum ko 🙂 tp apapun itu, yg namanya menjewer, mencubit, ngomong kasar itu tetep termasuk dalam kategori kekerasan… ibu saya contonya, tidak pernah bicara kasar ataupun melakukan kekerasan secara fisik tp ibu masih bs menghandle saya ko 🙂 tuh kan… masih banyak cara lain utk menegur ato membuat anak mengerti 🙂

  22. Kasian Tuh Sandal…. 🙂

    Kalau saya jadi ayahnya anak kecil tadi saya pasti minta Indah gantiin sandal anak saya…

    wakakakakakaka

    Salam Hangat

    .: Roy Semut :.

    wahahaa… ada2 aja ni mas Roy wahaha

  23. Yaaah dah keabisan dech… Capcaynya.
    Masih ada lagi, Mbak ?

    tenang aja mas.. nanti tak bikinin, tp mase cari sendalnya ya, buat kaldunya hehehe…

  24. btw neh ya
    si tari tuh sebenernya siapa sih?
    di depan dibilang pacar *tapi kok kayak nama cewek ya :)*
    lha kok terakhirnya dibilang temen? jadi bingung
    *tari dateng untuk konfirm*

  25. Wakkaakak…di awal pas baca…dalam hatiku “gila…nih beneran sandal jepit dimakan?” Wakakak.

    Btw…sepakat! Mendidik anak, dengan alasan apapun, tidak akan berhasil jika dilakukan dengan kekerasan. Justru kekerasan yang diajarkan orangtua akan menjadi pelajaran buat si anak bahwa “untuk menyelesaikan masalah saya boleh melakukan kekerasan juga”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s