Surat Untuk Ayah *Updated*

o78

Apa kabar ayahku sayang? Pasti engkau disana merindukan kami. begitulah kami disini, teramat merindukanmu, yah.
Sejak engkau pergi, Tujuh bulan yang lalu, disini, dirumah ini, kehampaan begitu luarbiasa melanda. tapi, jangan kuatir yah, kami tak akan menangis. seperti pintamu, dulu.

Yah, aku baru saja selesai ujian akhir semester tiga. sedangkan Titis, oh iya, aku lupa mengabari ayah, sebulan setelah ayah berpamitan pergi, Titis masuk SMA favorit, seperti harapan ayah. wah, tentunya, ayah pasti bangga dong ya.. begitu pula aku sebagai kakak, berbangga padanya. diatas keterpurukan sekalipun, dia masih tangguh dan tegar, hingga mewujudkan keinginan ayah dengan sempurna. dan inggo, ayah tak akan lupa dgn bungsu kesayanganmu ini kan yah? inggo jauh lebih dewasa dan lebih bertanggungjawab, menjadi laki-laki yang gagah sepertimu yah.

ingin rasanya aku berlari kesana, menjengukmu yah! sekedar mengantarkan sekeranjang durian dan nasi ketan kesukaanmu. memelukmu erat-erat dan cerita banyak hal! tentang hari-hari sunyi kami setelah kepergianmu. mengenang kembali masa-masa lalu, ketika tawamu mendominasi kehidupan kami. oh, aku rindu itu yah, tawamu!dan kumismu yang tipis mengecup hangat pipiku, pelukan-pelukanmu.

sesaat, ketika sunyi menghujaniku dengan apa dan mengapa, aku hanya tertegun di meja belajarku. dengan secarik kertas putih, ku lukiskan wajah senyummu. wajah yang masih ku ingat betul. ingin ku ambil handphone dan menelefonmu, sekedar mendengar suaramu. tapi apakah disana ada jaringan telefon seluler seperti yang mewabah disini? seandainya ada, pastilah ayah sudah menelefon kami sedari kemarin. maka, aku tulis surat ini untukmu.

yah, ibu, aku kasihan pada ibu. sekarang beliau harus sendirian menjaga kami. beliau yang selama ini selalu bersandar dan tergantung padamu. ayah pasti ingat, di atas kapal itu. diantara detak jantungmu yang melemah dan nafasmu yang mulai menghilang..ibu memeluk ayah erat-erat, dan berkata, “aku ihklas mas…kami ikhlas… kami pasrahkan mas kepada Allah, pergilah…”. Engkau tau yah?? pada mulanya kami sangsi, tapi ibu adalah manusia yang paling tegar diantara kami. tak meratapimu, tak menangisimu.. bukan berarti tak cinta padamu, tp mengiklaskanmu pada Nya, yakin bahwa engkau akan lebih bahagia di sana. dan bersama ayunan laut, engkau terlelap dalam tidur abadimu. bersama deburan ombak, engkau pergi. oh ayah.. tak hanya kami yang melepasmu, tapi lautpun juga mengikhlaskanmu.karena kami yakin, Allah menjagamu lebih baik dari pada kami. Karena kami yakin, rumah Allah pasti lebih indah dan hangat.

ayah…
jangan kuatirkan kami. cukuplah Allah Swt yang menjadi wali kami. percayalah, Dia akan menjaga kami lebih baik.
bahagialah disana ya yah, doa kami selalu menaungimu.
peluk, cium dan cinta kami selalu untukmu.

Tian, Titis, Inggo

my cousins...yang semangat ya deek.. ayah pasti bahagia disana

curahan hati ketiga adikku tercinta,

Jakarta, 14 januari 2009
–Indah Rephi–

NB:
assalamualaikum semuanya…
wah, sejak posting ini saya publikasikan, banyak yang salah paham dgn siapa gerangan “almarhum ayah” ini sebenernya. banyak yang mengira ini adalah ayah saya, padahal di akhir postingan ada clue nya ๐Ÿ™‚
jadi, saya mw konfirmasi, tokoh yang ada di tulisan saya ini adalah ketiga adik sepupu saya *dek titiani/tian, titis, sm inggo*. dan ayah yang dimaksud dalam postingan ini adalah om saya, almarhum om cipto, ayah dari ketiga adik sepupu saya, yang meninggal bulan juni 2008 lalu, karena serangan jantung. beliau meninggal dlm perjalanan pulang setelah berobat, diatas kapal Fery dari merak ke bakauhueni. Almarhum om cip, dalam saat2 terakhir, hanya di dampingi oleh istri tercinta *saya manggilnya bulek peni, adik kandung ibu saya*.

jadi, sekali lagi, ini bukan cerita tentang ayah saya tapi cerita tentang almarhum ayah dari ketiga adik sepupu saya ๐Ÿ™‚ alhamdulillah dan insyaallah, ayah saya masih ada dan masih sehat, insyaallah ๐Ÿ™‚ .
mari, kita sama2 ya berdoa untuk almarhum, dan adik2 saya, jg ibunya, semoga Allah memberikan kekuatan dan ketabahan. amiin

wassalamualaikum… ๐Ÿ™‚

Advertisements

64 thoughts on “Surat Untuk Ayah *Updated*

  1. Semoga digolongkan menjadi orang2 yang ikhlas. Amin ya Rabbal ‘alamiin…

    amin.. semoga adik2ku dan juga ibunya selalu menjadi orang2 yang iklas. amiin..

  2. Kamu tidak sendirian Indah…. aku termasuk salah satu yang senasib denganmu…. dan masih banyak dan orang2 yang bernasib tidak lebih baik dari kita… so tetap semangat and keep the faith….. ๐Ÿ˜€

    bukan saya, tapi adik-adik sepupu saya ๐Ÿ™‚ nanti saya sampaikan ke mereka ya.. makasih banyak untuk perhatiannya…. tetep semangat! ๐Ÿ™‚

  3. semua datang kita sambut dengan senyuman

    semua pergi kita sambut dengan tangisan …

    semoga semua berakhir dengan keiklasan dan kerelaan untuk menerimanya ..

    insyaallah…amiiin ๐Ÿ™‚

  4. Cinta, kasih, dan sayang seorang Ayah tidak akan hilang ditelan bumi. Khan terkenang selalu di hati.
    perduli terhadap lingkungan akan melestarikan cinta, kasih dan sayang.
    Salam IBSN

    kasih sayang sepanjang jalan ๐Ÿ™‚

  5. Mari ke sini semua, sayang. Biar kupeluk kalian. Sekarang hanyalah doa yang bisa kalian lakukan agar perjalanan bapak menjadi lapang. Ya, doa dari anak-anak yang soleh kepada bapaknya. Lapangkanlah jalannya di alam sana ya Allah. Tetapi, sebenarnya juga ada hal lain yang tak kalah penting. Jadilah anak-anak yang membanggakan orang tua, bapak dan ibu.

    Mba’e saya ke sini mau salaman. Semoga bukan salaman yang terakhir untuk bersua kembali suatu saat nanti. Tetap semangat, tetap bersahabat, dan… salam hangat. ๐Ÿ˜ฆ

    iya ayah Heru ๐Ÿ™‚

    aaaahh…sebel..sebeeellL~!! mas Heru napa to ko ikut2 pamitan?? huuuhuuuu…
    kehilanganmu juaaaaaa… T_T ๐Ÿ˜ฆ

  6. Subhanallah
    Kau anak yang baik
    Kau kakak yang hebat
    Ayahmu pasti bangga
    Semoga beliau bahagia di sana

    Semangat!

    iya..dia adikku dengan adik-adiknya ๐Ÿ™‚
    amiin..
    insyaallah.. amiin ๐Ÿ™‚

  7. Semoga saja ayah anda di terima disisi_Nya, Duduk di dalam singgasana cinta dan kasih sayang_Nya.

    Dan disambut dengan secawan anggur merah berwadahkan Emas bertahtakan intan dan berlian.
    Semoga….
    Semangat yaa, kepergiannya adalah untuk bersatu dengan yang memilikinya.
    Salam damai selalu di dalam Rahmat dan Ridho Allah SWT

    ayah sepupu saya ๐Ÿ™‚
    amiin..
    insyaallah…
    semoga mereka selalu menjadi anak2 yang soleh dan soleha yg selalu mendoakan kedua orangtuanya. amiin ๐Ÿ™‚

  8. kehidupan dunia tak ubah sebuah persinggahan dalam perjalanan jauh…
    Semoga orang2 yang kita sayangi senantiasa diberikan perlindungan dari-Nya..

    amiin…
    insyaallah ๐Ÿ™‚

  9. Ayah kalian pasti sangat bangga dan bahagia disana….
    Doaku selalu menyertai kalian semua, Salam….

    ayahnya adik sepupuku mas ๐Ÿ™‚

  10. assalamualaikum semuanya…
    maaf saya belum smpt menjawab komennya satu persatu..
    wah banyak yang salah paham ya..ini bukan cerita bapak saya, tp bapaknya sepupu saya ๐Ÿ™‚ bapak saya masih sehat, alhamdulillah, insyaallah ๐Ÿ™‚

  11. setiap orang akan mengalami hal yang sama seperti yang dialami oleh ayah dan saudara Anda. semoga Ayah mendapatkan tempat yang mulia di sisiNya dan keluarganya diberi kesabaran

    maass…bukan ayahkuu itu… T_T
    itu ayahnya sepupuku ๐Ÿ˜ฆ
    alhamdulillah ayahku masih ada dan sehat, insyaallah.. ๐Ÿ™‚ aku anak bungsu, kakakku laki2 *ga ada hubungannya* ๐Ÿ˜€

  12. Pertama kedua…Yaya sangsi, yaya inget mbak Indah pernah cerita tentang ayah dan Yaya bilang beliau sahabat mbak Indah yang baik. Sempet Yaya menghitung bulan, ah belum sampai tujuh bulan cerita itu. Ternyata hehehe…Yaya doakan Ayah mbak Indah diberi kesehatan dan kekuatan.
    Untuk sepupu mbak Indah, semoga Tuhan selalu memberi kekuatan dalam melanjutkan perjalanan hidup ๐Ÿ™‚
    Semoga Ayah tenang disana, amin

    saya seneng banget mbak yaya bs menangkap inti dari postingan saya ini, krn beberapa temen yang kasih komen itu ko mengira itu ayah saya, padahal sangat jelas sekali ending dari postingan saya ini apa ๐Ÿ™‚
    amiin.. doakan ya mbak, untuk kesehatan dan kebahagiaan ayah saya ๐Ÿ™‚

    amiin..semoga sepupu saya diberi kekuatan dan ketabahan sm Allah..dan semoga om saya *ayah dari sepupu2 saya* damai disana, amiin.
    makasih banget ya mbak yaya ๐Ÿ™‚

  13. Allahummagh fir lahu warhamu waiaafii wa’fu anhu, wa karim nuzulahu wa wassi madkhalahu

    tema posting awal 2009 kok sedih ya?

    *saya baru saja merasa kehilangan mas deni.. yang entah sampai kapan akan kembali ngeblog lagi* d

    ****
    deep long breathing

    mas heri, itu bukan ayahku, tp ayahnya sepupuku ๐Ÿ˜ฆ
    alhamdulillah dan insyaallah, ayahku masih ada dan sehat, amiiin ๐Ÿ™‚
    iya nih mas, ko ada apa ya rame2 pamitan…
    mas heru jg ikut2 pamitan…
    jadi sediiih T_T

  14. beruntung masih bisa mengingat detil seperti apa raut wajah sosok ayah, sesuatu yang teramat sulit kudapati pada diriku

    almarhum adalah omku pak ๐Ÿ™‚
    tabah dan iklas ya pak… terkadang mata tak sanggup melihat apapun, tapi hati… mata hati bs melebihinya ๐Ÿ™‚

  15. keikhlasan itu akan sangat membantu… bagi sang ayah, dan semua yang mencintai sang ayah..
    semoga berjuta kebaikan selalu menyertaimu duhai anak2 yang mencintai sang ayah..

    amiiin ๐Ÿ™‚

  16. Saya mwek sejadi-jadinya membaca postingan ini!!!!!

    sampe orang2 di warnet jadi meratiin saya!!!

    saya jadi kangen papa!! saya inigin peluk papa dan cium kdua pipinya!!!

    maaf ya udah bikin km sedih..kadang, manusia baru menyadari berharganya kehadiran seseorang dlm hidupnya ketika seseorang itu sdh ga ada disisinya ๐Ÿ™‚
    jadi anak yg baik yaaa..hehehe…
    slm bwt papa ๐Ÿ™‚

  17. Untung ada konfirmasinya. Kirain Ayahnya– eh ngak tahunya yg meninggal Oom-nya..
    Turud berbela sungkawa…

    Saya jadi teringat terhadap almarhum ayah saya. 9 tahun saya menemaninya sakit, hingga ajal menjemput ayah Ku. Rindu ku kini kusampaikan lewat doa dan ayat2 Qur-an.

    Sampaikan salam ku untuk sepupu mu. Semoga tetap tabah. Dan istiqomah menyampaikan doa dan ayat2 Quran untuk ayahnya.

    insyaallah nanti saya sampaikan..makasih banyak yaa… ๐Ÿ™‚

  18. tadi baca2 awal gw pikir juga ayahnya indah.. hehe..

    buat si om.. gw yakin dia pasti dah bahagia di heaven sana ๐Ÿ™‚


    hehehe..bukan nan ๐Ÿ™‚
    amiin..
    makasih ya nan ๐Ÿ™‚

  19. Kehilangan memang bisa membuat si bungsu sekalipun bisa jadi lbh tegar dan dewasa..

    Kadang saya jg bpikir, andai di dunia ‘sana’ ada teknologi spt kita.. Sy pasti uda crita, sekalipun hanya sms, ttg lahirnya cucu papa dr anak bungsunya ini…

    salam mbaak na… ๐Ÿ™‚
    papa mbak pasti tersenyum bahagia disana melihat cucu dari putri bungsunya ini… doakan almarhum ya mbak, doakan papa mbak bahagia disana ๐Ÿ™‚

  20. Membaca Postingan diatas, ingat dengan Alm. ayah saya, dia udah pergi menghadap sang khalik 9 Bulan yang lalu… tapi dia selalu ada di hati saya…sampai kapanpun…

    Buat ketiga sepupu nya mbak indah, yang tabah ya… semua itu merupakan kehendak yang diatas, kita hanyalah pemeran dalam skenarionya Tuhan… keep smile ๐Ÿ™‚

    maaf ya, saya malah bikin km sedih bayu, saya turut berdukacita…tunjukkan baktimu dgn selalu mendoakannya, dgn tulus..ayahmu pasti bangga padamu, bangga atas cintamu padanya ๐Ÿ™‚
    makasih ya bayu, nanti saya sampaikan ke adik2 sepupu saya, insyaallah ๐Ÿ™‚

  21. amin.
    hanya itu yang bisa kuucap untuk doamu buat mereka, Indah.
    semoga, akan ada yg terbaik setelah itu buat mereka.
    aku percaya, Allah adalah perencana yang maha baik.
    ๐Ÿ™‚


    amiin…
    makasih banyak ya mas gunung ๐Ÿ™‚

  22. kuatkanlah hati, ketika mengalami kesusahan dan kesedihan untuk tidak meratapi yang telah dipanggil olehNya. Semoga Allah selalu membimbing Indah dan kita semua.

    insyaallah…
    insyaallah…
    amiin ๐Ÿ™‚

  23. critana bikin cedih,, ๐Ÿ˜ฆ jd inget bokap iianx sabar bgd,, nyokap iianx cerewet :mrgreen: … pengen bgd bs ngebwt mreka bngga,,

    that’s our parents ๐Ÿ™‚
    pasti,km pasti bisaa… semangat yaa!! buatlah mereka bangga padamu ๐Ÿ™‚

  24. teteh qoe yg cantik, skrg aghi dah di bandung ,,
    duch seneng bgt neh dah nyampe humz ..
    betah bgt neh dbdg ..
    sumpek aghi djkt kbanjiran mulu ..
    bandung kota tercinta yang bebas banjir ..
    jd malez balik kjkt neh teh ..
    dah betah bgt dhumz ..
    internet bebas ga da yg ngeblok ..
    maen game dota sepuasnya ..
    hmmmmmm .. i am free ..

  25. Maaf ya! baru tau kalau yang perg itu ayah dari sepupu anda. Semoga ayah anda selalu di berikan kesehatan dan selalu di dalam lindungan Allah SWT.

    Salam sejahtera selalu untuk anda sekeluarga.

    salam mbaak ๐Ÿ™‚
    amiin..
    makasih banyak ya mbak ๐Ÿ™‚
    salam hangat selalu dari saya ๐Ÿ™‚

  26. Wah harusnya dikasi catatan.. dari ayah sepupu saya..he..he..by the way saya terharu juga dengan tulisannya.salam

    walah mbak’e ndak meratiin..itu kan di akhir posting udah dijelasin ๐Ÿ™‚

  27. Ayahhh…. dengarkanlahh…. aku ingin bernyanyi… sekarang gak bisa mendengar karena sudah nggak ada…. huk..huk..huk…

    jangan sedih mbak is T_T

  28. Hikkk..hikkk. Jadi ikutan sedih. Ingat Almarhumah Bunda saya. Semoga orang2 tercinta kita yang telah mendahului mendapatkan tempat yang layak disisi-Nya. Amiin…

    jangan sedih mas..bedoa ya bwt almarhumah bunda..semoga almarhumah damai dan bahagia disana, disisi Allah. amiiin ๐Ÿ™‚

  29. bersyukurlah anda yang ditunggui ayah-ibu hingga dewasa, semenjak kecil (4th) saya telah ditinggal ayah berpulang ke rahmatullah. membaca postingan ini jadi pingin nangis. inget ayah….

    iya pak, saya sangat bersyukur sekali ๐Ÿ™‚
    yang sabar ya pak, semua pasti ada hikmahnya… Allah pasti sayang banget sm anda shg memberikan ujian kepada anda diusia yang sangat belia…semangat ya paak ๐Ÿ™‚

  30. Semoga Om Cipto diterima dengan segala amal kebaikannya.

    Tulisan ini mengingatkan saya dengan Almarhum bapak….
    “Ya Allah … apakah saya sudah menjadi anak yang sholeh yang bisa membuat bapak bangga disana ..?”

    amiin…
    makasih banyak ya mas bannyu ๐Ÿ™‚
    insyaallah mas, almarhum bangga kepada anda.. ๐Ÿ™‚

  31. Sama nov, saya juga kangen Alm. ayahku

    untuk orang tua kita tecinta :
    “ROBBIGHFIRLII WALIWAALIDAYYA WARHAMHUMAA KAMAA ROBBAYAANII SHOGHIIROO”

    Almarhum ayahanda jg pasti kangen sm km mas ๐Ÿ™‚
    amiiin ๐Ÿ™‚

  32. meski bukan ayah kandung dan ‘hanya’ om, tapi petikan isi postingan blogs ini bener2 menyentuh..

    congrats indah,, dirimu sudah bisa membuat seorang lelaki yang tegar bisa mengeluarkan air mata – selain teman2 yang laen tentunya ๐Ÿ˜‰

    Billy bikin saya tersanjuung kayak lurung kasarung..wahaha.. ๐Ÿ˜€
    makasih banyak ya billy ๐Ÿ™‚
    saya cuman mencoba merepresentasikan perasaan hati adik2 saya kedalam tulisan ๐Ÿ™‚

  33. Siapapun itu yang Indah ceritakan …
    Sungguh tulisan ini sangat menyentuh …
    Semoga Om Cipto berbahagia disana …
    Istri yang hebat
    Anak yang pintar …

    dan keponakan yang baik …

    Salam saya ‘ndah …

    makasih banyak ya pak… ๐Ÿ™‚
    bwt, avatarnya mirip sopan sofyan pak ๐Ÿ˜€

  34. tulisan mbak mengingatkanku pada ayahku mbak. andai waktu bisa kembali ku ingin memeluk ayahku tuk terakhir kali ๐Ÿ˜ฅ

    maaf ya mas, saya malah bikin mas berduka… tp percayalah, almarhum ayahanda sangat bangga dan sayang sm mas dafhy ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s