Siapa Pembunuh Mama?

D

maria Theresia , Vani, saya 😀

Dengan mata yang berkaca-kaca, gadis itu mencoba mencurahkan kesedihannya, ingatan akan ibunda tercinta, kepadaku.

“Mama meninggal dibunuh mbak.. sampai sekarang belum tau siapa pembunuhnya? kenapa mama dibunuh”. dia mengusap matanya yang mulai tergenang.

“yang aku ingat hari itu, mama nyuruh papa segera pergi kerumah duka, oma jauh(oma dari kerabat) meninggal dunia. tanpa firasat dan keanehan apapun. waktu itu umurku 15 tahun.”

“malam harinya, aku sm mama terlelap di kamar yang terpisah. waktu aku berangkat sekolah, aku ga ketemu mama. kata orang dirumah, mama lg berdoa di kamar papa. udah jadi kebiasaan, kalo mama lg berdoa ga boleh diganggu. jd aku pergi ga pamitan, ga cium-cium mama dulu. padahal, sebelum berangkat sekolah aku selalu cium mama dulu.”

sejenak Gadis itu terdiam. saya tau, ini sangat berat baginya. bahkan mungkin jg bagi saya jika saya berada diposisinya. dan menceritakan kembali adalah hal terberat karena kita harus mengingat.

Dia melanjutkan.

“siang nya aku pulang. aku tanya sm kakak dirumah. mama kemana? katanya mama masih berdoa. aku pikir mama berdoa lama banget. dari pagi belum keluar kamar sama sekali. lalu aku pergi lagi. aku harus les. aku cuman nitip pesen aja sm kakakku itu buat mama, kalo aku pergi les.”

“ga ada firasat apa-apa… pulang les pun aku masih sempet jalan-jalan sm temen-temenku. tapi pas sorenya aku pulang, mama belum keluar juga. kata kakak, mama masih berdoa. tp aku pikir. mama ko berdoa lama banget. dari pagi sampe sore mama ga keluar-keluar. aku mulai kuatir.”

“aku tunggu sampai jam 6 sore. mama belum keluar juga. aku semakin kuatir. takut mama kenapa-kenapa. pintu kamar dikunci, jadi aku dan sodaraku ga bisa masuk. aku mulai curiga pas aku liat kunci kamar papa ada di meja. kamar papa kan ada dua pintunya. yang satu dari ruang tengah dan yang satunya lagi itu langsung ke arah pekarangan. pintu yang mengarah ke luar itu jarang sekali dibuka krn di depan pintu itu ada patung Bunda Maria. kunci nya pun selalu ditaruh disitu (di patung Bunda Maria). tp entah kenapa, hari itu kuncinya ko ada di meja di dalam rumah. aku semakin curiga.”

Mulai terisak,  saya meminta Gadis itu  berhenti sejenak untuk menenangkan diri. jika ia ga sanggup, saya meminta dia untuk menyudahi. krn saya tau, ini sangat berat.

tapi.. dia memilih untuk melanjutkan ceritanya itu…

“pikiranku langsung ga karuan. jantungku detaknya ga beraturan. aku kuatir sm mama. aku bener-bener kuatir. ga mungkin pintu sekokoh itu kami dobrak.  pintunya sulit dibuka. kakakku coba buka pake kunci itu. aku coba masuk lewat celah-celah kamar. bisa. aku liat di tempat tidur mama ga ada. aku cari disetiap sudut. tp ntah kenapa, seperti ada yang menuntun aku, ko hati ku mengarah ke kamar mandi. dan ternyata…”

Dia menangis!

“ternyata mama tiduran di dalam bathtub. pake alas selimut papa yang tebeel banget. aku tarik tangan mama sambil bilang ‘mama gila ya tidur di bathtub…’. aku kaget mbak, tangan mama dingin… aku syok. aku nangis sejadi-jadinya. aku lari keluar minta tolong. ”

“dari hidung mama kelur darah. di leher mama ada jeratan… dokter Rumah Sakit ga berani otopsi, krn takut ini ada unsur2 politis.krn papa kn baru aja pensiun dari Bupati waktu itu. Polisi jg ga berhasil ngungkap kematian mama. malah polisi yang menyelidiki kasus kematian mama tiba2 mati juga.  ada dugaan pelakunya masih ada hubungan sodara, tp ga menutup kemungkinan kalo pelakunya itu saingannya papa di politik.”

 “sampe sekarang aku masih belum bs ngelepas kematian mama yang tragis. ini ga adil buat mama. aku rela mama meninggal tp ga dgn cara seperti ini. aku cuman bs berdoa , semoga Tuhan membukakan pintu hati pembunuh mama untuk bertobat.”

‘dan sekarang umurku sudah 22 tahun. tp mama… kematian mama itu.. masih berbekas jelas disini mbak..”

sekali lagi, Gadis itu mengusap matanya yang berair. dan saya.. saya kehilangan kata-kata. saya bukanlah orang yang pandai menenangkan hati orang. saya hanya bisa mengelus bahunya.

Gadis itu bernama Maria Theresia.  Gadis cantik yang sangat sederhana yang berasal dari Flores. tidak ada sedikitpun terbias kesombongan dan keangkuhan, dalam tutur kata, mata bahkan hatinya. bahkan tidak ada yang menyangka kalau dia itu putri seorang pejabat. ya, dia adalah putri bungsu dari seorang Bupati di salah satu daereh di Flores. Papanya, kembali dipercaya untuk memimpin daerah itu untuk lima tahun kedepan.

Sudah sebulan ini dia magang di tempat kerja saya, dan hari ini adalah hari terakhirnya. sedikit demi sedikit dia membukakan tabir kehidupannya kepadaku. berbagi denganku…

Maria… im so speechless. Percayalah pada Tuhan. Suatu saat Dia pasti akan menunjukkan kebenaran itu. percayalah.. Tuhan ga akan membiarkan kamu sendirian. love u so much sis.. ^_^v

36 thoughts on “Siapa Pembunuh Mama?

  1. katakan pada maria,sahabatmu,dah kalau blue selalu mengharap ada pencerahan dalam proses kehidupan bagi keluarganya. salamkan salam hangat blue,ya.
    salam hangat selalu untukmu sahabat

    katanya mau balik lagi kemaren? hehehe

  2. Ndah,

    Ini kisah yang menyedihkan. Kalau aku jadi Maria, entah bagaimana menghilangkan perasaan pilu ini..
    Ah nggak bisa ngomong aku..

    Sampaikan ke Maria… aku turut berduka dan semoga kesedihan ini lambat laun bisa terlupakan… entah bagaimana caranya….

  3. Kita doa’in aja si Maria dan keluarga yang ditinggalin menjadi tabah, semoga Ibu Maria di terima di sisiNYA dan yang mencelakai ibunya Maria mendapat hukuman setimpal.
    Salam Buat Maria.
    🙂

  4. Salam kenal….
    Yah selalu ada akhir dari tiap kehidupan.. tp yang pasti hidup tak berhenti hanya karen satu kehilangan. menerima dan tabah adalah jalan terbaik. Salam buat maria.. ehm nyang punya blog cakep euy.. 😉

  5. kata demi kata tak lepas dari indra penglihatan ini dan kalimat yang sempurna terlihat dengan sebaris “Tuhan ga akan membiarkan kamu sendirian”.

    Terhanyut jadinya.

  6. Kisah yang mengharukan bagi siapa saja yang membacanya… Nice Blog

    Salam kenal mbak.. salam hangat dari penghuni bumi seganti setungguan… kapan kapan main kesana ya mbak 🙂

  7. really sad reading your story..
    Due to the prevalent corruptions infest into every corner of your nation, every viabe organ the government, the judiciaries, ministers and the police corrupt to the core, hence the case stale and left unresolve….
    They may evade justice now but not in the hereafter…
    So let go the past, may you’ll find solace and tranquility.

    –Power tends to corrupt, and absolute power corrupts absolutely–

  8. wah, analogi yg menarik dari kelam dan kisruhnya neraka kecil dibalik jendela RUMAH TANGGA…
    I like everything with a sad ending…
    pernah baca buku biografi Kurt Cobain: Heavier Than Heaven kagak, mbak ???
    it’s amazing, dude

    ~peace

  9. saya turut berduka cita terhadap Maria ….semoga tabah untuk menghadapinya

    bisa menghilangkan kepedihan yang ada dan bisa melupakan semua yang telah terjadi …mungkin itu elah kehendaknya ..kutunggu Coment you

  10. kalau semuanya diserahkan keAtas, niscaya dimudahkan untuk selannjutnya meneruskan kehidupan. Seneng udh bisa mampir kesini, happy holidays – kind regards from West Africa.. 🙂

  11. Aw! sungguh,saya tdk bisa mau komen apa,mbak.

    Buat; Maria Theresia.
    Aku turut berduka cita,walau kejadian itu sdh lalu.
    Dan doaku selalu menyertaimu.
    God Bless You.

    amiin..
    semoga Maria selalu bahagia. amiin ^_^v

  12. sungguh tragis….

    tetap tabah ya buat maria dan semoga Allah mengampuni semua orang yang telah berbuat jahat karena mereka tidak tahu apa yang telah mereka lakukan.
    amin….

  13. Hh..cerita yang mengharukan..semoga maria diberi kekuatan dan keikhlasan ..
    Happy New Year ya sist..keep good writing..

    cuman pengen cerita ttg Maria, sahabat yg aku sayangi sie 🙂 amiiin.. semoga Maria selalu bahagia dalam perlindungan Nya. amin. 🙂 happy new year too sist.. sie juga yaaa ^_^v

  14. wah… salam buat maria… semoga ada orang-orang yang baik senantiasa di sampingnya

    iya mas, nanti saya sampaikan. ini Maria sudah kasih komentarnya di bawah (marieth) ^_^

  15. tersayat!!!!!
    mementingkan dunia itu namanya!!!!!!!!!
    bunuh orang hanya karena politik????BIADAB!!!!!!!!!!
    sampaikan pada maria, salam hangat ane untuknya sistah!!!

    that’s life Odie.. banyak resiko dan konsekuensinya.. 🙂 doakan Maria ya… semoga dia selalu bahagia.. amiin ^_^v

  16. Salam buat Maria yaaah…. walau berat…moga2 bisa nerima, saya ikut doain…

    iya nanti saya sampaikan ke maria.. semoga Maria selalu dalam kedamaian kasih Tuhan.amiin 🙂

  17. makasi ya mba…
    saya nangis pas baca ini
    selama ini saya pikir saya sendirian
    tapi skarang saya tahu banyak yang care sama saya
    puji Tuhan saya kuat jalanin semua ini
    saya percaya mama bahagia disana
    makasi y mba udah banyak ngebimbing saya waktu magang di metro…
    God Bless You Mba….( maria theresia )

    dear Maria..
    seneng km baca tulisan sederhana ini..maaf baru kasih tau tadi kalo saya publikasikan tulisan tentang km di blog ini.
    tulisan ini adl representasi rasa sayangku ke kamu Maria, tanpa ada maksud utk membuat km bersedih.
    komen2 dari temen2 diatas adalah tanda kasih untukmu. dont worry, percayalah, km ga akan sendirian Maria.
    luph u sist.. ^_^v

  18. berat sekali pasti….
    saya sendiri nggak tahu mau bilang apa…tapi pasti akan selalu ada hikmah dibaliknya…
    untuk maria…ujian Tuhan memang kadang terasa berat, tapi tidak mungkin diluar kemampuan kita untuk menanggungnya. kuatkan hati…

    kita sama2 doakan Maria ya.. semoga dia selalu bahagia. amiin 🙂

  19. mungkin kita blom pernah saling kenal bahkan kita blom ketemu, tapi kita mengenal sosok yg sama….. Yach dia sang tokoh utama di crita ini, temanku…sahabatku… sekaligus telah ku anggap saudara… Iet (mungkin mbak lebih kenalnya mariet or maria )….

    dia sosok yg mengispirasiku serta sosok yg secara tidak langsung mengingatkanku untuk slalu mencintai, menyayangi, dan membahagiakan seorang ibu selagi dia ada….

    tapi satu yang aku kagum darinya… dia slalu dan slalu terlihat kuat, tabah. serta tegar… padahal aq tau jauh di dalam hatinya dia sangat2 sakit dan terluka…

    tgl 22 des ketika semua anak memeluk, memberi kado, dan mengucapkan ” Ma, slamat hari ibu…” tapi apa yang bisa dia lakukan ????? dia hanya sanggup menulis semua kata hatinya di sebuah bulbo…. hanya itu…

    tapi apa yang ia perlihatkan padaku ???? dengan nada bercanda dan di selingi gelak tawa dia mengatakan ” wah hari ibu nich … jadi pengen nelpon nyokap di ausi … ” aq tak tau saat itu harus berbuat apa…. ikut tertawakah ato kah menangis ???

    wah kejutan.. makasih ya rury udah berkunjung 🙂
    maria memang sosok yang sangat menyenangkan. mungkin saya bilang dia itu lugu ya.. soalnya innocent gitu wajahnya, suaranya juga. yang paling aku suka, dia low profile banget! tulus bantu temen dan sabaar! 🙂
    iya, cukup kita peluk maria dengan penuh kasih, semoga Tuhan selalu melimpahkan berkah dan membalutnya dengan cinta Nya. amin

  20. mbak mbak…
    maria manis ya… 😛
    sama manisnya samak sistah juga… 😀
    trus yang ditengah manis juga…
    hahaha…

    kan kita geng cewek manis odie.. *cewek pahit yang direndem pake gula* hahaha..

Leave a Reply

