IBSN : Dan aku berpegang padaMu

 adeaew

 “apaaa??? Aku bikin pidio porno??…astaghfirullah…”.

 Itu adalah reaksi pertama yang keluar dari bibir saya. semua orang pasti akan terkejut seperti ini, dengan ekspresi seperti saya ini, bahkan bisa lebih heboh lagi, kalo ditemukan fakta bahwa wabah fitnah sedang melanda anda 😀

 Sahabat saya, pepen, mencoba menenangkan saya *sebenernya sih kita berdua, tp karena saya yang lebih emosional jadi saya yang ditenangkan terlebih dahulu 😀 * ,

maaf ya, sebenernya aku ga boleh nyampein ke kalian, tapi kalian berdua harus tau apa yang terjadi disini, aku yakin ini semua adalah fitnah. Aku sangat percaya sama kalian karena kalian berdua temanku dari kecil, aku tauu banget siapa dan gimana kalian itu…”.

 

Marah.

Geram.

Benci.

Pengen makan orang

Itu semua campur aduk jadi satu.

Rasanya jauh dari pada enak seporsi gado-gado ato asinan bogor.

 

Peristiwa ini terjadi bulan Oktober lalu, tepatnya hari ketiga Idul Fitri kemarin. Ketika saya dan calon suami saya silaturahmi ke rumah temen dekat kami, pepen, yang kebetulan baru dapet anak *maksudku, istrinya baru melahirkan 😀 *. Kami jarang pulang ke Lampung, jadi bener2 ga tau ada apa gerangan yang terjadi di kampung halaman itu.

 

 

aku dengar dari temen2, semalem, gosipnya udah sekitar 2 mingguan deh, katanya mereka ngeliat rekaman video porno kalian. Tak Tanya dari mana? Dari temen2.. tak Tanya lagi apa mereka liat langsung? Jawabnya nggak, cuman katanya-katanya gitu, dari internet. Aku ajak mereka ngecek diinternet, situsnya apa? Mereka bilangnya ga tau ko, kita cuman katanya temen2 aja.” Kata pepen menjelaskan.

 

ko tega banget sih… km kan tau, kita jarang pulang dan bisa dibilang lah kita hampir tidak pernah berkomunikasi sm temen2 di sini..” Bun manggut-manggut, kesel.

 

iya, aku juga udah bilang ke mereka utk jaga mulutnya, fitnah itu kejam sekali dan dosanya besar sekali, gimana kalo itu terjadi sm kalian sendiri ato sodara kalian? Kalo ga tau dan cuman katanya-katanya dan kalian menyebarkan berita bohong itu kemana2, gimana pertanggungjawaban kalian di akherat nanti? Lidah mu adalah pedangmu, hati2lah kalau bicara..jangan serampangan ngomong cuman sekedar biar ada topic pembicaraan.”, jelas pepen.

 

 percayalah sm Allah, jika ini adalah fitnah, ini akan menjadi pelebur dosa bagi kalian berdua. Ga usah mencari-cari siapa pangkal lidah itu. suatu saat Allah akan menunjukkan kebenaran itu. ikhlas dan maafkanlah, ga ada yang lebih baik dari pada itu. karena diantara ribuan orang yang menyukai kalian terdapat jutaan orang yang tidak menyukai kalian.” Pepen berusaha menenangkan.

 

 

Yah, itulah…

Salah satu dari beberapa fitnahan yang saya dapatkan semenjak saya menjadi manusia *bukan kloningan kodok, monyet dan iguana lagi*. Betapa kejamnya fitnahan itu.

 

Saya jadi ingat firman Allah dalam surat Al Baqarah ayat 191:

“Dan fitnah itu lebih besar bahayanya dari pembunuhan”.

 

Ibarat mendengar sesuatu yang tak layak untuk didengar, betapa orang lain mendengar keburukan seseorang tanpa tahu pasti kebenarannya. Hanya dari mulut ke mulut. Oh, betapa kejamnya mulut manusia. Dari sekedar bersosialisasi, kemudian mengobrol lalu menanyakan ini-itu, si anu, membicarakan si ini si anu, yang tanpa sadar mereka telah bergunjing dan gunjingan mereka itu berjalan terus tanpa mereka sadari menjadi sebuah fitnahan. Fitnah yang menghancurkan saudara mereka sendiri.

 Miris sekali.

Tak sebatas itu saja fitnahan yang dihujankan kepada saya, terutama, karena saya adalah perempuan. Perempuan memang paling rentan terhadap fitnahan.

 

Dari digosipkan jadi pecandu narkoba

Hamil diluar nikah..

Punya anak

Nikah bawah tangan

Dan, yang terakhir.. pidio itu..

Ya Allah…

 

Seandainya orang-orang yang khilaf itu sadari betapa fitnah itu dosanya lebih besar daripada membunuh, seperti firman Allah yang ada di dalam surat Al Baqarah ayat 217:

 “Dan fitnah itu lebih besar (dosanya) daripada pembunuhan”.

 

Setidaknya mereka bisa menahan diri untuk tidak membicarakan berita yang belum pasti kebenarannya. Setidaknya menanyakan  kepada yang bersangkutan atau lebih baik diam kalo memang ga tau apa2. berfikir sebelum berbicara dan bertindak, bagaimana akibatnya kalo bilang begini begitu? bagaimana dampak dari apa yang keluar dari bibir kita, terlebih, dampak terhadap si objek pembicaraan kita itu?

Menyadari bahwa membicarakan apa yang seharusnya tidak dibicarakan (fitnah) itu tidaklah mendatangkan manfaat yang baik, bagi yang membicarakan dan bahkan yang dibicarakan. Menjaga silaturrahim justru itu jauuuh lebih membawakan berkah dalam hidup dari pada sekedar mencari-cari celah untuk melukai orang lain.

 

Jika mereka berangkat bersama-sama kamu, niscaya mereka tidak menambah kamu selain dari kerusakan belaka, dan tentu mereka akan bergegas maju ke muka di celah-celah barisanmu, untuk mengadakan kekacauan di antara kamu; sedang di antara kamu ada orang-orang yang amat suka mendengarkan perkataan mereka. Dan Allah mengetahui orang-orang yang zalim. (At taubah ayat 47)

 

 

Yayaya.. hidup saya memang rumit sekali. Seiring dengan bertambahnya usia, hujan badai ga segan untuk mampir. Sepersekian detik, saya memang emosi. Pengen rasanya saya mencari orang itu. pengen saya cekek ato saya ceburin ke empang. Tapi, untuk apa?? Itu tidak akan memberikan sedikitpun manfaat bagi saya. tidak akan merubah apapun, bahkan akan memperburuk keadaan. Betapa bodohnya saya.

Aku beriman maka aku percaya. Percaya bahwa semua itu adalah ujian yang datang dari Allah, sebagai unjuk kepedulian-Nya kepada saya. menguji sejauh manakah saya akan berlari? kemanakah saya akan melarikan diri? Dan kepada siapakah Saya akan bertekuk lutut memohon pertolongan? Memohon perlindungan?

 

“Cukuplah Allah sebagai Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik pelindung” Al-Imran:173)

 

Allah menguji keimanan manusia dengan berbagai cara dan berbagai media. Jika seseorang mematuhi perintah Allah, fitnah apapun yang terjadi hanya akan membuat orang itu menjadi lebih dekat kepada Allah, namun jika dia tidak patuh maka dia akan tersesat. Karenanya cobaan yang terjadi dapat mengungkapkan apakah seseorang itu benar-benar beriman atau tidak. Seseorang yang benar-benar beriman tidak akan berubah pandangan dan kesetiannya kepada Allah walau apapun yang terjadi. Saya bukanlah manusia yang sempurna, namun saya menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah atas kehendak Allah. Oleh karena itu, hanya kepadaNya lah saya memasrahkan diri.

 
 

 

“ Dan Kami coba kalian dengan keburukan dan kebaikan, (semuanya) sebagai ujian.” (Al-Anbiya: 35)

 

Sabar.

Itu kunci yang saya pegang hingga saat ini.

Karena saya sadar betul, saya bukanlah orang yang penyabar. Emosi saya gampang meledak-ledak.

Allah pasti tau betul tentang itu, ya kebodohan saya itu 😀
saya yakin Allah pengen saya jadi manusia yang lebih baik dari pada hari yang lalu. Allah pengen saya belajar ilmu sabar dan iklas. Allah pengen saya lebih bijak dalam menghadapi segala permasalahan dan menyelesaikannya. Allah pengen saya tetap menjadi manusia yang tangguh dan tegar. Yaa!! Saya percaya itu.

Ah jadi inget, kutipan yang pernah saya baca… begini bunyinya :
“Ketahuilah bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya, jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak.” [Khalifah ‘Ali]
 

 

 

Jadi, kalo saya pake acara marah2 , ga mengontrol emosi. Menelan semua itu mentah2, yang ada juga malah jadi runyam jadinya 😀

yaa… saya yakin.. saya percaya!!! Selagi saya dekat kepada Nya, selagi saya sabar dan iklas, juga ga memble semangatnya.. Allah selalu sama saya!!
 

 

 

“Innallaaha ma’ash shaabiriin…”
( Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar )

 Ya Allah.. Hanya kepada Mu lah aku berpegang… maka lindungilah aku selalu dengan KasihMu…

Advertisements

67 thoughts on “IBSN : Dan aku berpegang padaMu

  1. Gosip… memang bumbu kehidupan. Tanpa gosip komunikasi terhenti dan akan banyak orang yang duduk, diam terpaku, serta memandang dengan tatapan kosong… hmmm… tidak waras kah dia ?
    Bukan berarti penyebar gosip itu waras… belum tentu… bisa jadi thesis di atas, berlaku terbalik…
    Nah, jika sudah begini… Pilih yang mana ?
    Salam

    saya piliiih…umm.. jadi batman aja mas…ato superman hihihihi…that’s a cycle of life, right?

  2. wastainu bisshobri wassholah mintalah pertolongan pada Allah dengan sabar dan sholat 🙂

    iya mas.. semua sudah berlalu 🙂 matur nuwun ya mas ^__^ wah mas Heri.. maafin saya, belum kasih review (komen) atas E-booknya mas Heri. lg konyeng dikantor mas hehehe..telat dikit ga papa ya mas? 😀

  3. Fitnah lebih kejam daripada pembunuhan.
    Sabar ya mbak, yang penting anda gak melakukan aja.

    http://iwanmalik.wordpress.com
    Info Pendidikan & Wirausaha

    iya… makasih banyak ya mas.. semua jg sudah berlalu.. itu kan bulan oktober lalu dan sekaran bulan desember *apa hubungannya ya?? hihihi*. insyaallah saya akan berusaha sabar dan tawaqal. makasih yaa… ^__^

  4. whew…..
    digosipin yach…..
    seleb dunk ….. 🙂

    wah mbaknya ni gimana…masa ga ngenalin saya to mbak mbak.. saya kan seleb mbak, artis terkenal getooh…wah berarti mbaknya jgr ngupdate infotainment ya?? payah nih mbaknya…saya kan artis sekaligus model majalah.. itu tuh, majalah yang terkenal itu.. majalah trubus 😀

  5. sabar sabar dan sabar ya mba itu saja kuncinya…. 🙂
    ibaratnya biarkan anjing mengongong kafilah tetap berlalu, kalau kita tidak melakukan perbuatan yang salah kenapa harus ditanggapi..?

    setujuuu!!! 🙂 iya, biarin aja lah, tar cape sendiri ngongongnya.. hihihihi.. makasih banyak ya mas udah mw baca dan kasih respon atas tulisan saya ini ^__^ merdekaaa!!

  6. Fitnah emang lebih kejam daripada tidak memfitnah…*lho…?*
    Segala sesuatu itu pasti ada hikmahnya. Sabarnya dalam menghadapi cobaan. Mungkin mereka iri dengan Indah, karena Indah lebih baik dari mereka, lebih cantik, dan lebih disukai daripada mereka.
    Emang susah kalo jadi seleb…*Lho…?*

    hahaha..iya mas iya.. seleb.. artis gituu..model majalah trubus hahaha…
    makasih banyak ya mas 🙂

  7. berdoa sama Allah mbak “semoga orang yang memfitnah itu bisa sadar dan di ampuni dosanya”

    InsyaAllah mbak indah akan lebih merasa baikkan,tenang,sabar dan di tambah amalnya.. amiiin…

    heeeh hidup ini memang penuh dengan warna-warni…

    amiiin.. makasih banyak ya mas ^__^ semua kan sudah berlalu, ini semua sekedar mengingatkan rekan2 semua betapa fitnah tidak akan memberikan manfaat sedikitpun, bagi yang memfitnah ataupun yang difitnah 🙂
    iya mas, hidup itu warna warni… seperti pelangi 🙂

  8. seiring waktu berlalu begitu cepat
    aku datang keblogmu dengan membawa Software can’t copy CD 🙂
    salam kenal

    hehehe..maturnuwun mase… nanti saya berkunjung ke “rumah” anda 🙂

  9. wah……….nakutin bgt seh..masa gosipnya gitu?…
    skalian knalan ya..mampir blog aq dunk jeng,,www.melandri.blogspot.com

    namanya jg gosip mbak.. diatara orang2 yg menyukai kita lebih banyak orang2 yang tidak menyukai kita…sebagai pembelajaran saja, kedepan kita mencoba utk lebih berhati2 lagi, baik dalam pergaulan maupun dalam hidup ^__^ semangaatt!!!
    iya, saya pasti berkunjung ketempat mbak’e, makasih ya mbak udah berkunjung 🙂

  10. makasih atas postingnya. stop video 3gp buatan INDI.. bikin buruk citra indonesia aja

    maturnuwun atas kunjungannya.. INDI ityu sapa to mbak?? hehe..diriku ga ngerti *wlu sm2 artis loh hahaha*… iya, saya mampir 🙂

  11. wah parah bener tuh, kok bisa yach apa mungkin salah orang? yach bersabar aja ngadepin klo kita memang kagak merasa yach biarlah tuhan yang akan menunjukan kebenarannya

    namanya jg manusia mas..tempatnya khilaf..saya yakin temen2 saya itu khilaf, ga sadar atas perbuatannya itu 🙂 iya, saya percaya, Tuhan pasti menunjukkan kebenaranNya 🙂 makasih ya udah mampir Bli ^__^

  12. orang sabar disayang tuhan tul ga . . . dibalik semua itu banyak hikmahnya cuman kita yang belum tahu . hikss. hiks.. lam kenal ya . cup..cup

    hehehe..iya…
    salam kenal kembali ^__^

  13. biasa tuch in…
    malah ada ‘gosip’ terbaru lhoooo
    ratusan juta setan bahkan lebih katanya mo demo ke Tuhan!
    katanya mereka mo protes karena pekerjaan mereka direbut ma manusia

    waduuuh dasar manusia emang rakus dan serakah!!! sampe2 kerjaan setan pun diambil…

    he..he..he..

    hehehe..ada2 aja km hahahaha…

  14. hmm emang gosip tuh kaya kecoa, kalo sekali masuk ke rumah, beranak pinak, jadi banyak, dan berbahaya…

    sabar aja, tuhan kan tau yang mana yg bener yang mana yang boong

    lagian kalo cuman “isu” video gitu ga ad bukti sih untuk orang berpendidikan mah cuman “isu” hoax, kecuali ad bukti nyata videonya

    Sabar yah

    Peace and Love
    Red Dog

    ho’oh, betul ituu…!! 😀 badai pasti berlalu, ya kan?? hihihi..makasih ya red-dog ^__^

  15. halangan dan tantangan kedepan
    tidak akan semakin ringan
    menuntut semangat pengorbanan
    dari segenap kemampuan

    bersabar tetaplah bersabar
    bersabarlah dan tetap bersabar
    jangan pernah berhenti bersabar
    agar smangat smakin berkobar

    Allah akan tetap bersama kita
    dalam setiap langkah yang tercipta
    kesabaran dan tahapan yang tertata
    kemenangan di depan mata


    kata-kata yang sangat menenangkan ^__^ makasih banyak ya mas… saya sangat sangat percaya Allah, bahwa Dia akan memberikan solusi terbaik dalam hidup saya 🙂

  16. wah,itu sdh keterlaluan,mbak.
    bisa juga ini sebuah cobaan bagi kamu.
    dan saya yakin waktu juga yg akan membuktikan.mana ucapan yg benar dan mana ucapan yg diselimuti api.
    tetap sabar,mbak.

    iya mas.. saya percaya itu 🙂 Allah pasti nunjukkin yang baik adalah baik dan yang salah adalah salah. saya percaya itu. dan, saya anggap semua itu sudah lewat 🙂 makasih banyak ya mas.. cerita saya ko sedih2 semua ya?? hehehe

  17. Wah, keterlaluan itu. Sudah, gak usah diurusi, ngurusi VW kodok aja

    siyaaaap paak!!saya siap melaksanakan tugas dari anda *ngurusin VW kodok* hihihihi…

  18. brarti msh ada yg pduli tuh ma mbak rephi., tp ya bntuk kpedulianna kbetulan aja gk nyenengin buat mbak rephi. :mrgreen:

    *mikir : mang ada ya kbetulan di dunia ini 😀 *

    hihihi..ada doong.. yuk kita cari rame2 si kebetulan itu hahaha..makasih ya udah mampir..nanti saya berkunjung, insyaallah ^__^

  19. assalamualaikum temen2 semuwa…
    maaf ya saya belum moderasi komen temen2 semua dan kasih respon.. karena saya lg konyeng dikantor..hectic.. jabrik hihihi.. nanti saya pasti respon komen2nya..semuanya…
    maapf kalo baru punya pak cak husnun sm mas langitjiwa yang saya balas krn kebetulan di dashboard komen beliau2 ini ada di paling atas hehehe..maaf yaa…nanti saya sambung lagi..insyaallah…
    wassalam… ^__^

  20. Salam kenal,
    mba yang baik, say berdoa semoga setiap kebenaran akan terungkap. dan fitnah akan berakhir. fitnah tak bisa di lawan dengan ucapan tapi dengan tindakan. semoga Allah memberi kesabaran.

    amiin..makasih banyak yaa ^_^ semua sudah berlalu kok..ini sekedar share aja, utk pembelajaran bg kita semua 🙂 makasih sudah mampir..nanti saya berkunjung 🙂

  21. wduh gosipny keterlaluan tuh… mungkin bnyk yang sirik…

    ajib…. blogny kren….
    salam kenal

    namanya jg gosip mas Viki ^__^ makasih banyak ya… sering2 mampir loh 🙂 salam kenal kembali 🙂

  22. salam ..

    semoga Indah secantik namanya …tidak gampang murka dan sabar adanya .

    orang sabar di sayang Tuhan …

    waalaikumsalam…
    amiin..
    semoga doa panjenengan di dengarkan oleh Allah.. amiin..maturnuwun nggih pak ^__^

  23. mulutmu harimaumu…
    sabar sistah…
    sistah kan penyabar… 😀

    hah??penyabarr?? odie muji diriku yaaa?? hihihihi..
    yup, i will!! makasih ya bro ^_^

  24. Sabar? hmm…emang susah ya mbak? Apalagi menyangkut fitnah. Tapi bener juga kata mbak, selagi dekat denganNYA, kita pasti bisa melalui rintangan apapun.
    Tetep sabar dan semangat ya mbak…
    🙂

    i’ll try mas ^__^ makasih banyak ya mas bendoel *namanya lucu hihihi*..sering2 mampir yaaa 🙂

  25. Assalamu’alaikum Indah.. Lam kenal. Indah, fitnah gossip memang menyakitkan. Tapi kayaknya (menurut aku ini yha),yang suka nyebar-nyebarkan fitnah, gosip itu bukan hanya orang yang kurang kerjaan tapi juga orang yang pengen dapat perhatian, pengen aktualisasi diri. Dengan cerita gosip itu dia ingin orang yang diajak bicara memperhatikan dia.. Kasihan sekali kan?, untuk cari perhatian saja, dia sampai nyebarin fitnah dan gosip kayak gitu?

    wa’alaikumsalam mbak ernaaa 🙂 …betul itu mbak..setuju banget ^_^ katanya sih tipikal penggosip itu ya orang2 yg suka cari perhatian gitu mbak ^_^

  26. biasanya sih emang seleb doang nih yang digosipin kyk gituh,hehehe.

    sabar dari fitnah tiada lain adalah pelebur dosa2 kita mba. klo kata bapak saya sih itu ladang kita untuk lebih mendekatkan diri kpd Allah SWT. yukk ah nge-ladang 😀

    iya, seleb..seleb majalah trubus hihihihi…ngeladang nanam jagung?? hayuukk..marii… 😀
    betul, sabar itu adalah kuncinya ^_^

  27. yang sabar yah mbak…

    keep struggling aja deh pokoknya…

    btw salam kenal yah, artikelnya bagus sekali…

    senang bisa mampir sekaligus kenalan disini…banyak dapet pencerahan…

    salam,

    bonar
    http://sihotang407.wordpress.com

    i will! ^__^ makasih ya bang udah mampir..baca..terus kasih komennya hihihi…nanti saya mampir ^_^

  28. Perasaan sudah ke sini dan ninggalin jejak, tapi ternyata tidak. Jadi perasaan itu bisa salah ya mba’e…he…he…

    Ya udah komen saya nanti dalam bentuk postingan aja ya. Tetep semangat, tetep lincah kayak bola bekel :mrgreen:

    mana rendang jengkolnya mas?? hehehe.. iya nih, perasaannya mas heru ketinggalan disini 😀 :mrgreen: udah tak baca tulisannya mas heru kemaren, wah keren! jadi tambah tau 😀 iya mas…semangaaattt! dan jangan lupa, rendang jengkolnyaa! hehehe

  29. ini adalah tahapan dari hidup kamu yang harus kamu lalui,

    apa yang kamu lakukan akan menentukan hidup kamu selanjutnya.

    sabar ya ndah … (niru sassie .. 😀 )


    maksih ya iaksz ^_^ nickname mu aneh sekali hihihihi.. iya, i will, i will sabaarr hehehe… semangaatt!!

  30. salam kenal jeng… postingannya panjang yaaa… [baca ulang pelan-pelan dari atas]

    salam kenal kembali ^__^ panjang ya? hehehe…

  31. salam kenal dari wong ndeso sing ora tau ming kutho

    pidio porno…? wow
    mungkin karena wajah yang dikaruniakan yang memang menarik sehingga sering di duga duga.
    tapi..
    kebenaran akan terbukti dengan sendirinya
    kalau memang tidak ngapain di pikirin 🙂

    salam kembali mas…wah sm2 wong ndeso dong sm saya ^_^ hiyaaa…betul itu mase… kalo dipikir tar rambutku tambah botaakk kiyee.. hehehe..makasih ya mas udah mampir ^__^

  32. sabar y mbak..mmg ssh jd org top, manis, jd banyak yg syirik..hehe…
    pasti akan ada ganjaran y setimpal kok dari Allah… 🙂

    iya, emang, aku ngetop abiz!!kan artis.. *nartsis mode on* artis dunia marga satwa hahaha.. iya, pasti itu, kita harus percaya sm Allah ^_^

  33. Sabar aja mbak, nanti juga kebenaran akan terungkap dengan sendirinya,
    saya juga sering difitnah, dibilang guaaannnteeenngg, mirip artis gitu, ini khan fitnah banget ya mbak??? hehehe….

    hahaha..bs aja km ya 😀 iya..bener banget potter ^__^

  34. Assalamu…
    Salam kenal Blogwalking!!!

    Miss, kalau mau marah mendingan jangan pengin makan orang dong.
    Lebih baik makan apa saja yang penting halal dan sehat, kan masih banyak yang bisa dimakan !
    Nanti kalau makan orang bisa dikira anaknya Sumanto lho…?
    Jadi yang sabar aja dech…

    Wassalamu…

    wa’alaikumsalam..
    iya, nanti saya makan kambing aja..tp dimasak dulu dong hihihihi…

  35. Dear Indah..

    Yg sabar ya mbak??.Orang sabar disayang Tuhan koq!:-).

    Tetap jalani hidupmu dgn lapang dada dan berbuat kebaikan,InsyaAllah..fitnah itu akan berlalu dgn sendirinya:-).

    Salam kenal dari saya (langsung saya blogroll) dan salam kenal buat teman2 lainnya ^_^

    halo mbak dina….makasih ya atas supportnya.. saya yakin semua pasti berlalu dan memang sudah berlalu ^__^ salam kenal kembali dari saya… linknya jg nanti saya pasang ya mbak ^__^

  36. assalamualaikum semuanya… saya baru bs OL hari ini tp cuman sebentar 😀 makasih banyak ya temen2 bwt atensi dan simpatinya.. makasih banyak sudah membaca dan memberikan respon utk postingan saya ini. wah saya merasa terhormat sekali 🙂 maaf saya blm moderasi komen temen2 semua.. but i will!! sabar yaaa… 🙂

    love u all…
    wassalam..

    indah rephi

  37. salut ni mbak…sabar gitu ngadepinnya, walo sempet kesel, marah, sebel dll..yang penting bisa nerima dan maafin… sabar sis…..

    makasih ya mbak audy ^__^

  38. Sabar n teteup semangat y, Mbk.. Ikutan prihatin, kok ya adaa aja org2 yg benci ma qt n bikin gosip2 gak nggenah (tak wajar).. saya dulu smp jg pengalaman pernah di-sirik-in tmen n dfitnah dg kejamnya. Tp pada akhirnya kebenaran dtg sndiri, n ketauan sapa yg jd tukang bo’ong-ny 😀

  39. dasar tu kurang kerjaan amat yang bikin omongan…….. pasti syirik, iri, dengki dan sejenisnya ma mbak deee……. aq juga pernah ngalamin mbak…….. diomongin macem2……. tapi aq anggap mereka anjing menggonggong dan aq segera berlalu……

    iya mbak, namanya juga manusia hihihi… namanya hidup pasti banyak ujian dan cobaan, betul nggak mbak ika?? 🙂

  40. very nice! selamat mengikuti 1st IBSN™ Blog Award.. ^_^

    sekedar berbagi cerita hidup mas.. hidup yang berwarna warni kayak pelangi ^__^

  41. Aku sekarang ini lagi denger gosip apa baca gosip ya?

    Sang Pencipta Materi takkan memberikan soal yang sulit untuk dijawab bagi siswaNya, dan mbak tlah menemukan jawaban.
    dapet 100 donk 🙂

    gosiip..semakin digosok makin sip!! wah saya kayak artis tenar aja ya?hehehe… iya.. mana 100 nya nda?? hehe…

  42. Kejam sekali orang yang memfitnah itu…

    Bukankah jika tidak memperoleh info secara lengkap alangkah baiknya kita ‘cek&ricek’ terlebih dahulu ?

    Sabar, ya, mbak…semoga Allah SWT menyibakkan kebenaran ditengah fitnah yang melanda

    salam kenal

    that’s human sis ^__^ manusia sering kali melakukan sesuatu diluar kesadarannya.
    amiin..semoga doa km dan temen2 semua didengarkan Allah.. saya percaya suatu saat Allah akan menunjukkan semuanya ^__^

    salam kenal kembali.. sering2 mampir yaaa ^_^

  43. fa sobrun jamiil… ‘maka bersabarlah. kerana sabar itu indah’…, dan indah pasti bisa sabar, dan sabar tidak ada balasan selain taman2 surga…,

    saya tunggu silaturrahimnya ya

  44. thu adalah sebuah cobaan……

    karena manusia yang taat pada tuhannya pasti di di uji…..

    seberapa kuat dia menerima cobaan thu n seberapa taat dya pda tuhannya…..

    lam knl yaw…..

    hendra kancut………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s