JOGJA VS JAKARTA

ini bulan ke 4 saya benar-benar menetap di jakarta *so, masih pake kata “saya, aku, kamu,anda ahaha*. sebelumnya, selama 7 tahun lebih saya menetap di jogja, krn kuliah. sebenernya sih saya lahir dan besar di Lampung.

semenjak menjadi warga tetap *insyaallah* jakarta, dunia serasa berubal total *halah*. dari rutinitas ampe urusan perut dan tidur jadi berbeda. sekarang, saya lagi merindukan kenyamanan dan kemudahan kehidupan jogja…

berikut adalah perbedaan antara jakarta jogja *selain kotabesar vs kota kecil yaa* :

1. panas. jakarta super panas. hujan ga hujan tetep aja panas. dan ini sudah menjadi fakta turun temurun semenjak manusia mengenal pembangunan dan teknologi. jogja, cuaca tak menentu. kadang panas, kadang dingin. kadang berangin kadang cepoi cepoi. bahkan, siang bolong dengan matahari yg terik, masih aja kerasa “dingin”. dan, malem, terlebih, waktu2 fullmoon, itu udaranya dingiiiin banget!.

2. polusi. ga usah ditampik, jakarta emang gudangnya polusi. jogja, “sedikit” berpolusi, tapi setidaknya masih bisa bernafas lega. nah kalo di Jakarta, sesak napaaas T_T

3. kriminalitas. dulu, di jogja, tepatnya di kotanya loh, mw keluyuran dari siang bolong ampe tengah malem, apa lagi ampe pagi nongkrong di alun2 juga tetep amaan. cewe wira wiri naek motor juga gapapah loh..jakarta?? jangan ngarep deh! 😀

4. jarak. di jakarta, dekat dimata, jauh di kaki. kemana-mana jauh. mw ke mall, ke pasar, ke toko buku, ke warteg kemana-mana kerasa jauhnya. padahal sebenernya ga jauh, cuman muter dulu, banyak jalan yang searah rutenya. kalo jogja mah paling deket sana deket sini. mw ngebut mw pelan tetep aja deket ehehe ini semua karena jogja belon kenal macet. jakarta itu gembongnya macet ehehe… istilahnya begini : sedeket-deketnya jarak di jakarta itu jauhnya jogja ehehe… hidup jogja!

5. makanan. di jakarta, makanan murah itu identik dengan : tempat kotor, sedikit kumuh, banyak lalat dan ga tau ya itu makanan layak dimakan ato nggak. jangan2 makanan bekas makanan hotel yg udah di tumpuk di Tempat Pembuangan Sampah, ato, makanan busuk.. kalo penge makanan bersih ya kudu ke foodcourt ato resto semodel hokben, McD, redbeans ato apa lah itu ya resto2 itu tuh. Nah kalo jogja, masih banyak tempat makanan murah tapi bersih dan terjamin, jd bs berhemat sekaligus menjaga kesehatan ehehe..

6. semakin dekat… jakarta, tinggal dijakarta, semakin dekat dengan orangtua dan kelurga. semua cukup dengan waktu 8 jam perjalanan. kalo jogja-lampung butuh waktu sehari semalem cuy. keluarga juga ga ribet2 amat kalo mw nengokin. dan ehem, saya jd lebih dekat sm bun ehehe

7. tempat hiburan dan shopping centre. di jakartaaa..jangan tanyaaa…disini mah gudangnya segala-galanya ahaha. jogja?? jogja cuman punya, kalo ga salah, 4 mall kecil dan begitu-begitu aja. bioskop 21 aja cuman punya satu. nah, kalo jakarta, banyaaaak!! 😀 selain itu, di jogja, kalo mw ke pantai deket loh..hehe..jakarta juga deng, tapi deket kalo rumah kita deket sama lautnya ahaha…

8.sistem kekeluargaan dan keramahtamahan. jangan dibahas deh 😀

9. bursa kerja. di jakarta gudangnya tempat kerja. semua ada disini. selain UMR nya tinggi, salary nya disini juga gede, disamping emang biaya hidup juga tinggi ehehe.. makanya, banyak orang yg pengen kerja di jakarta, termasuk saya. di jogja, ga banyak tempat usaha. UMR nya kecil makanya salarynya juga kecil, tapi emang sih, biaya hidup disini ga seribet jakarta. selain itu, dijogja, kehidupannya masih statis. kalo jakarta, super dinamis dan persaingannya itu loh, ga pake kira-kira 😀 bulan april lalu, sebelum S2 saya selesai, saya pernah ketrima kerja di BCA jogja. mosok CS salarynya 1 juta. ga sebanding dengan kerjaannya. pas mw ttd kontrak, saya mengundurkan diri.

10. norma dan budaya. di jakarta, multietnis dan  multikulutral. orang-orangnya cenderung cuek dan kadang saling mencurigai. bekerja, bekerja dan bekerja. banyak cewek sexy disini. baju aneka gaya, motif dan baju setengah jadi pun banyaaak dijual dan dipakaaai ahaha….jogja, masih kental dengan adat jawa nya, selain jogja itu adlah daerah istimewa karena punya seorang Raja. sebenernya sih, kehidupan bebas ga cuman ada di jakarta, tapi jogja jua. pernah denger sex in the kost ala mahasiswa jogja? ga usah di bahas ya?

11. nyamuk. jakarta banyak nyamuknyaa…jogja kota mah ga adaaaa.

12. sampah. jogja masih dibilang bersih dari pada jakarta ehehehe..

13. teman. teman2ku lebih bnyk di jogja. di jakarta mah saya belo punya temen banyak…tinggal aja baru 4 bulan, ya toh? kerja pula, mana sempet bergaul selain di tempat kerja yang mana semua orang pada sibuk mengejar berita dan rating.

14. rumah. jakarta harga rumah sudah mahaaaaaal, kalo jogja saya belon tau sih tapi kayaknya lebih murah deh. makanya, pusing nih mw cari rumah di jakartaa..rumah yang layak huni dengan lingkungan yang sehat walafiat dan asri.

15. pohon. di jakarta..jogja kota.,..semua sama saja..udah jarang pohon2 nya. kecuali kalo dipuncak loh dan daerah kaliurang itu…

 

yah cukup sekian komparasi saya antara jakarta dngan jogja…

akhir kata.. saya benar-benar merindukan jogja..

Advertisements

7 thoughts on “JOGJA VS JAKARTA

  1. huy Mba.. thx yah dah di link..

    welkam tu jakartaa !! 😛

    hweheheheh..

    mo ngurus katepe, sim, akta lahir, kartu blt ??
    saya bisa 😛

    iyah, klo ke jogja juga tempat favorit sayah tuw kaliurang dan skitarnya, trus buwat cangkruk tuw ashoy di kisaran alun2.. klo bruntung ya nemu Sujud Sutrisno.. hwehehehehe.. klo mo bandel ya ke malioboro lor rodo’ ngulon titik.. byahahahahahahah.. ibarat pepatah kuno jogja “cinta di tolak, sarkem isih bukak”..

    hwueheheheheh..

    but, home still home.. no matter how bad.. u still call it home.. 🙂

  2. huehehe…sama2 ya ami 🙂
    yuhuu…bisa ga bisa should i say, well, its my place to go 😀 *artine opo iki yo?* 😀
    wah, iya, jogja itu kota tak terlupakan. terutama makanan angkringannya itu lho! alih2 harga murah dengan porsi kucing tapi sekali makan bs habis banyak, ujung2nya sama aja makan ramesan di warteg 😀 😀
    malioboro ngulon sitik? wah aku reti lak itu sarkem to? pasar kembang ? pasti pernah survei kesana ya??? whakakakak 😀
    yap, bener banget…enak ga enak lebih enak dirumah sendiri 🙂 🙂
    makasih ami udah mampir 🙂

  3. hehe,, di Jakarta mah ujung2nya bosen… bosen ngeliatin gedung tinggi,, bosen ngeliat penggusuran,, bosen ngeliat mall dimana mana,, rasanya dah gak ada ruang lapang lagi… mo maen bola aja dah susah di Jakarta…

    Baru tw klo pnya blog di WP… 😀

  4. @TopiQue:iya…jakarta emang membosankan..kata siapa enak cari duit di jakarta? sama ajah, gaji gede tp kebutuhan juga gede… *sigh* iya ni topiQue, udah lama sih, tapi baru2 ini aku nulisnya, kemaren2 susah bk wordpress di kantor 😀 makasih ya udah berkunjung 🙂

    @didinhapidin: iya…gimana2 emang paling asoy geboy kampung sendiri ya.. jadi pengen mudik 😦 makasih ya din udah mampir..salam 🙂

    @mas cantigi: iya ni mas..saya juga jd pengen gudeg..lapeeeerrr! 😀 jogja mah ga ada matinya ya mas?eh pernah deng, pas gempa dulu *sigh* tapi lebih enak lampung deng mas..lampung mah belum ada apa2nya, jd tempat paling asik buat berkebun ehehe…. makasih mas udah mampir 🙂

  5. Hihi seru pada ngomongin dua kota yang emang paling super di Indonesia :
    “Salam Super” hyahahaha…
    Kalo menurutku sih emang kalo udah pernah tinggal di Jogja dalam beberapa waktu, mau pindah ke kota mana aja bakalan tetep pengen pulang ke Jogja. Bukan karena Jogja jadi kampung halaman, tapi emang Jogja Berhati Nyaman. Jadi enak buat hidup yang santai dan tenang (dalam tanda kutip). Misalnya buat hari tua, hmm enak bener, udah biaya hidup murah, kemana2 deket, enak deh.
    Tapi…
    Kalo mau cari kerja, cari uang sebanyak2nya, ya cuman di Jakarta. Kemampuan sekecil apapun di Jakarta di hargai dengan uang. Even it just type some words. Hwehehehe…jadi kerja dengan semangat pemuda Indonesia di Jakarta, kumpulin duit sebanyak2nya, trus…
    Kalo udah capek kerja, ke Jogja deh. Bikin rumah yang guedeeeee banget.

    waaa gak nyadar jadi panjang gini. btw, welcome to Jakarta. Enjoy your daily activity, just for your bright future.
    Cabs yaaah.

    hhaha…
    cukup satu kata untuk mewakili segalanya… MERDEKAAA!!!
    makasih ya udah mampiir hihihihi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s